Jaga Kebersamaan, DLH Kobar Gelar Senam Aerobik Bersama

Kepala DLH Kobar Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si berfoto bersama Instruktur Senam Imada Faila Shova diapit seluruh pegawai DLH Kobar usai melaksanakan senam aerobik, Jumat (30/08). (DLH Kobar)

MMC Kobar - Hari Jumat (30/08) merupakan hari yang sangat spesial, sejatinya kegiatan olahraga pagi hanya dilakukan berupa jogging/jalan sehat atau gotong royong, tapi kali ini dilakukan dalam bentuk Senam Aerobik yang sudah lama tidak diselenggarakan di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kegiatan senam aerobik yang dipandu langsung oleh instruktur senam Imada Faila Shova diawali dengan tahap stretching (peregangan otot) yang menurutnya sangat baik dilakukan apabila kita bangun tidur, hal ini agar otot-otot tubut kita dapat rileks sebelum kita memulai aktivitas kerja.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Resmikan Penggilingan Padi Mulia Jaya Desa Palih Baru )

Setelah peregangan otot dilanjutkan dengan gerakan kardio inti guna membakar kalori dalam tubuh, menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Mekanismenya adalah dengan menjaga tekanan darah dan degup jantung tetap stabil, memastikan sistem peredarah darah lancar serta memperkuat kerja jantung maupun paru-paru. 

Latihan fisik dalam olahraga kardio dapat meningkatkan denyut jantung dan otomatis juga lancarnya peredarah darah. Ketika jantung sering dilatih untuk berdegup lebih cepat dan aliran darah semakin kencang dan lancar, jantung dengan sendirinya akan semakin kuat. Karena itu, olahraga kardio amat berguna dalam menyehatkan jantung dan memastikan kinerjanya tetap optimal serta menghindarkan gangguan-gangguan jantung yang kerap datang tak terduga.

Setelah gerakan kardio inti selesai, kembali dilanjutkan dengan gerakan pendinginan dan senam kreasi untuk menurunkan ritme detak jantung setelah gerakan kardio dilakukan. Senam kreasi ini sengaja dibuat untuk memupuk semangat kebersamaan antar warga DLH Kobar sebagai satu kesatuan gerak langkah satu keluarga utuh yang secara bersama-sama menjalankan program dan kegiatan di bidang lingkungan hidup.

Menurut Kepala DLH Kobar Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si bahwa kegiatan senam bersama digelar untuk tetap menjaga kebersamaan keluarga besar DLH Kobar. 

“Selain mendapatkan manfaat badan yang sehat, pikiran menjadi segar, tak kalah pentingnya terjalinnya semangat kebersamaan antara warga DLH Kobar saat senam kreasi dilakukan,” tuturnya. (karlan08/dlh.kobar)