Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Kobar Imbau Masyarakat Jaga Kondisi Lingkungan Sekitar

Beberapa Personil BPBD Kobar berusaha membersihkan saluran air di sekitar Jalan A. Yani, Kelurahan Baru, pada Minggu (26/6) kemarin

MMC Kobar - Intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa waktu terakhir mulai dirasakan sebagian warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Karena hujan yang mengguyur pada siang dan malam, mengakibatkan genangan yang cukup merendam rumah warga Kelurahan Baru pada Minggu (26/6).

Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar bersama beberapa personil dari Damkar, Huma singgah Itah, PMI Kobar, dan IAE Kobar membantu masyarakat untuk menguras air genangan serta sampah yang menyumbat drainase. Lokasi yang mengalami genangan antara lain di lingkungan Jalan Kedadiut RT. 19 dan RT. 20, Jalan Rarait RT. 23, Jalan Matnoor, dan sekitar Jalan Ahmad Yani Kelurahan Baru.

(Baca Juga : Masyarakat Terdampak Covid-19 di Desa Akan Terima BLT Sebesar 600 Ribu Rupiah)

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi Siallagan mengungkapkan, dari pantauan di lokasi, genangan air sampai memasuki rumah warga. Selain karena intensitas hujan yang tinggi, genangan juga terjadi akibat kondisi drainase yang tersumbat.

"Karena drainase tertutup oleh sampah dan sisa-sisa material, akhirnya air hujan tersumbat dan menggenangi beberapa lokasi," pungkasnya. Personil akhirnya melakukan penyemprotan di tempat yang tertutup sampah dan mengeluarkannya. sekitar kurang lebih empat jam personil gabungan melakukan pembersihan di beberapa lokasi yang tergenang.

Martogi mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondisi lingkungannya agar kejadian serupa tidak terulang kembali. "Sebisa mungkin di kala musim penghujan seperti ini kondisi drainase harus diperhatikan. Kalau bisa secara rutin dipantau kondisinya agar saat terjadi hujan berhari-hari tidak ada genangan," harapnya. (bpbd)