Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Kobar bersama Dinas Terkait Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Personil BPBD Kobar melaksanakan pemangkasan pohon rawan tumbang di belakan Rumah Jabatan Bupati Jalan Prakusuma Yudha, Senin (20/6) kemarin

MMC Kobar - Tingkat curah hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan ini perlu diwaspadai. Tidak jarang hujan dengan disertai angin mengakibatkan pepohonan yang kondisinya lapuk dapat tumbang. Dan masyarakat yang melintas terkadang juga terkena ranting yang sudah lapuk tersebut.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan pemangkasan hingga penebangan pohon yang rawan tumbang. Sejak Senin (20/6) hingga Kamis (23/6), BPBD Kobar telah melaksanakan pemangkasan di beberapa lokasi, diantaranya di area Rumah Jabatan Bupati Kobar dan di halaman depan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar.

(Baca Juga : Bersama KKP Sampit Wilker Kumai, UPT Pelabuhan Penyeberangan Kumai Mulai Terapkan SE Kemenhub)

Untuk di lokasi rujab bupati, BPBD Kobar melaksanakan giat bersama instansi terkait, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan juga dibantu personil Bagian Umum Setda. Beberapa pohon berukuran besar dengan diameter antara 5-50 centimeter dipangkas, yang mana dahan-dahannya sudah lapuk dan melebar ke arah Jalan Prakusuma yudha. Begitu pula untuk beberapa pohon yang ada di sekitar lingkungan DPK.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Martogi Siallagan mengatakan bahwa memasuki musim penghujan, pemangkasan ini perlu untuk mencegah munculnya korban akibat patahan ranting pohon.

"Apalagi dahannya lumayan besar. jadi bahaya jika waktu hujan ranting yang lapuk itu mengenai warga yang beraktifitas," ujarnya. Selain itu, di area sekitar DPK sering banyak anak-anak yang berkunjung.

Pemangkasan pohon di area Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kobar Kamis (23/6) kemarin

Menurut Martogi alangkah baiknya mencegah agar pengunjung perpustakaan tetap aman. "Tentunya kita menghindari kemungkinan jika terjadi hujan disertai angin kencang, agar warga bisa aman," imbuhnya.

Selain 2 pohon ketapang yang ada di DPK, personil juga memangkas pohon mati yang ada di pinggir Jalan Sutan Syahrir, tepatnya di depan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun. (bpbd kobar)