Inspektorat Kobar Tuan Rumah Bimtek Reviu RKA Se-Kalteng

Bimtek: Pj Sekda Kobar Suyanto saat membuka bimtek reviu RKA yang diikuti oleh Inspektorat se-Kalteng di Aula Inspektorat Kobar, Senin (1/10). (Taufik)

MMC KOBAR - Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan bimbingan teknis reviu Rencana Kerja dan  Anggaran (RKA) se-Kalimantan Tengah (Kalteng). Kegiatan ini digelar pada 1-2 Oktober 2018 di Aula Inspektorat Kobar.

"Acara ini sangat luar biasa, karena biasanya ketika APIP diklat harus keluar daerah saat ini bisa di daerah sendiri. Mohon kepada narasumber agar semua pengetahuan yang dimiliki diberikan kepada peserta, jangan takut kalah dengan muridnya,” ucapnya Pj Sekda Kobar Suyanto saat memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut, Senin (1/10).

(Baca Juga : Menghadapi Pandemi Covid-19, RSSI Lakukan Pelatihan SWAB)

Suyanto sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, ia pun mengatakan pentingnya reviu RKA ini untuk dilakukan.

"Dalam konteks RKA, ini adalah hal penting karena menyangkut perencanaan pembangunan daerah. Karena ketika kita gagal diperencanaan, maka artinya kita merencanakan kegagalan," pesan mantan Inspektur Kobar ini.

Sementara itu, perwakilan dari BPKP Provinsi Kalteng Rustam mengatakan bahwa bimtek reviu RKA se-Kalteng ini diikuti oleh 10 Inspektorat Kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Kalteng.

“Kami berterima kasih kepada Inspektorat Kobar yang telah menyiapkan segala sesuatu sehingga acara ini dapat berjalan lancar. Ada 10 Kabupaten yang ikut berpartisipasi dengan jumlah peserta 57 orang. 4 kabupaten/kota berhalangan hadir karena beberapa kendala teknis,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini adalah untuk membekali pengetahuan reviu bagi Inspektorat.

“Bimtek ini bertujuan untuk membekali Inspektorat dalam mereviu RKA SKPD dan RKA PPKD. Dimana reviu akan segera dilaksanakan oleh masing-masing Inspektorat di Provinsi Kalimantan Tengah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2018,” imbuh Rustam yang juga selaku Korwas P3APIP Provinsi Kalteng.

Ditempat yang sama, Inspektur Kotawaringin Barat Agus Suparji menyampaikan agar para peserta betah berlama-lama di Pangkalan Bun, karena banyak tempat wisata dan event jelang perayaan HUT ke-59 Kabupaten Kobar.

“Kami sangat gembira menyambut kedatangan para peserta sekalian, mohon bisa betah di Bumi Marunting Batu Aji. Karena disini banyak tempat wisata yang patut dikunjungi dan event dalam rangkaian HUT Kobar,” pungkasnya. (Taufik)