Inspektorat Kobar Gelar Sosialisasi Penguatan Tata Kelola dan Peningkatan Integritas

MMC Kobar - Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar Sosialisasi Penguatan Tata Kelola dan Peningkatan Integritas, Selasa (23/1). Kegiatan ini diselenggarakan  selama 3 hari mulai tanggal 23-25 Januari 2024, bertempat di Aula Integritas Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sosialisasi dibuka oleh Inspektur Pembantu I Muhammad Rusmawardi. Dalam sambutannya Rusmawardi menyampaikan, pemerintah daerah melalui Inspektorat mendorong agar terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan daerah.

(Baca Juga : Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun Terima Kunjungan Hakim Wasmat PN Pangkalan Bun)

“Pembangunan integritas adalah salah satu hal yang sangat penting, untuk itu Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat melaksanakan Sosialsisasi Penguatan Tata Kelola dan Peningkatan Integritas bagi perangkat daerah, kepala desa dan perangkat desa serta satuan pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat,“ kata Rusmawardi.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Penyuluh Anti Korupsi (PAKSI) Kobar, Ketua Pokja Pencegahaan Saber Pungli, Tim Unit Pengendali gratifikasi (UPG), dan Auditor Irbansus Isnpektorat Kobar.

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut adalah kepala OPD, kepala desa beserta perangkat dan kepala sekolah SMP dan SD se-Kabupaten Kobar.

Adapun materi yang disampaikan adalah Penangan Benturan Kepentingan, Implementasi Pengendalian Gratiifkasi, Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan, Pengisian dan Pelaporan LHKPN bagi Kepala Desa, Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Pungutan Liar (Pungli), dan Whistle Blowing System (WBS).