Hujan Disertai Angin Kencang, BPBD Kobar Imbau Masyarakat Selalu Waspada

Personil BPBD Kobar bersama instansi terkait bahu membahu menangani pohon yang hampir tumbang di Jl M. Idris RT. 12 Kelurahan Kumai Hulu, Kec. Kumai, Rabu (4/1).

MMC Kobar - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi Selasa (3/1) kemarin menyisakan beberapa pohon tumbang di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). 

Beberapa lokasi yang terdampak antara lain di sekitar Jalan Sutan Syahrir kelurahan Sidorejo, jalan M.Idris RT 12 Desa Kumai Hulu Kecamatan Kumai, dan jalan Iskandar Pasir Panjang.

(Baca Juga : Perkuat Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, Pemkab Kobar Luncurkan Empat Aplikasi)

Personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar yang mendapatkan informasi dari masyarakat dengan sigap melaksanakan penanganan di lokasi. Dari pantauan di lokasi, pohon yang tumbang tersangkut di kabel listrik.

“Di dua lokasi kejadian kondisi pohon hamper tumbang dan tertahan oleh kabel. Tentunya sangat berbahaya jika tidak ditangani secepatnya,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Martogi Siallagan.

Martogi menjelaskan, perlengkapan seperti gergaji mesin, dan tambang dipersiapkan dalam penanganan. Beberapa pihak dari instansi yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH), perangkat desa, dan juga pihak dari Taman Nasional Tanjung Puting juga turut serta membantu.

Martogi juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada di jalan ketika angin kencang. “Cuaca saat ini memang seringnya angin kencang disertai hujan. Untuk itu, diharapkan masyarakat tetap selalu waspada di jalan ketika ada angin kencang, agar tidak berada dekat dengan pohon yang rawan tumbang,” imbau Martogi. (bpbd kobar)

Proses pemotongan pohon yang menghantam kabel di Jl. Sutan Syahrir Kelurahan Sidorejo pada Rabu (4/1) kemarin.