Hujan Deras, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kobar Tetap Dilaksanakan

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo

MMC Kobar - Penjabat (Pj) Bupati memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Diikuti oleh jajaran ASN di lingkungan Pemkab Kobar, TNI/Polri dan para pelajar, kegiatan ini sejatinya digelar di halaman kantor Bupati, namun karena kondisi cuaca hujan deras, pelaksanaan upacara dialihkan di lobi kantor.

Meski dilaksanakan secara sederhana, namun kegiatan pada Sabtu (1/10) pagi ini berlangsung dengan khidmat. Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

(Baca Juga : Pelajar Kobar Raih Nilai UN Tertinggi Tingkat SMP Se-Kalteng)

Di tengah upacara, terdapat sesi pembacaan ikrar oleh ketua DPRD Kobar. Ikrar tersebut mengajak seluruh yang hadir dengan semangat kebersamaan untuk memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dalam kesempatan ini Pj. Bupati Anang Dirjo mendukung upaya bersama dalam penguatan ideologi Pancasila. “Kita harus sadari bahwa masih terdapat rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, kita harus terus meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” kata Anang Dirjo.

Dalam kesempatan ini Anang Dirjo juga mengajak masyarakat untuk menjadikan nilai-nilai luhur di dalam Pancasila sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari. 

Hadir juga dalam kegiatan ini perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kobar serta seluruh kepala perangkat daerah. 

Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober tersebut tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI. (rib/prokom kobar)