Haul Akbar Kyai Gede ke-14 Masuk Calendar of Event Tahun 2022

Acara Haul Kyai Gede ke-14 Tahun 2022 di kompleks pemakaman Kyai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama

MMC Kobar - Pada Sabtu (19/2) bertempat di komplek Makam Kyai Gede Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kotawaringin Lama digelar acara Haul Akbar Kyai Gede ke-14. Haul ini dilaksanakan secara rutin tiap tanggal 18 Rajab pada setiap tahunnya dan bertujuan untuk memperingati wafatnya Alim Ulama besar bernama Kyai Gede .

Pada tahun ini acara Haul Akbar Kyai Gede masuk ke dalam Calendar of Event Tahun 2022 yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 556/68/Dispar-III tanggal 31 Desember 2021.

(Baca Juga : Pastikan Bebas dari Pungli, Satgas Saber Pungli Kobar Lakukan Monev Program Pemulihan Ekonomi Nasional)

Acara Haul Akbar Kyai Gede ke-14 tahun 2022 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Beberapa langkah yang dilakukan panitia antara lain durasi acara yang singkat, tenda yang disediakan untuk jamaah terbatas, memeriksa suhu tubuh jamaah dengan thermo gun dan menghimbau jamaah agar memakai masker serta sebelum memasuki lokasi melakukan scan QR Code pada Aplikasi Peduli Lindungi.

Pada haul akbar kali ini dihadirkan ulama dari Jakarta Habib Ahmad Al Habsyi. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan tentang hikmah Isra’ Miraj dan adab untuk hormat terhadap ulama besar serta upaya meningkatkan keimanan sehingga tidak mudah berputus asa terutama di masa pandemi ini.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan semua masyarakat yang hadir pada acara Haul Akbar ini sehingga acara dapat berjalan dengan aman, tertib dan terkendali. “Karena pandemi ini jamaah mengalami penurunan. Tetapi jangan sampai pandemi ini menurunkan semangat untuk tetap berkegiatan dan jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan,” imbau Hj Nurhidayah.

Kadispar Kobar Wahyudi dalam kesempatan ini mengatakan bahwa masa pandemi tidak menghalangi acara yang masuk Calendar of Event ini tetap berjalan. Tetapi jangan sampai lengah dalam penerapan protokol kesehatan sehingga tidak akan menimbulkan kluster covid yang baru.

“Panitia harus bekerja keras untuk selalu mengingatkan jamaah yang hadir untuk selalu memakai masker, memeriksa suhu tubuh mereka dengan thermo gun dan menyediakan QR Code aplikasi peduli lindungi di lokasi acara,” tutur Wahyudi.

“Semoga acara ini dapat menjadi contoh yang baik bagi event-event lain khususnya yang masuk dalam Calendar Of Event tahun 2022 dalam penyelenggaraannya karena ini merupakan event pertama yang dilaksanakan pada tahun ini,” tandasnya.

Salam Sehat Salam Pariwisata. (dispar kobar)