Hadapi Musim Kemarau, Damkar Kobar Periksa Mesin Portable Milik Balakar Kelurahan

Petugas Damkar Kobar bersama Kasi Trantib Kelurahan Mendawai Seberang Lakukan Pemeriksaan Mesin Portable Balakar Swadaya Masyarakat RT 04 Kelurahan Mendawai Seberang, Rabu (26/8).

MMC Kobar - Memasuki musim kemarau, Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam (Satpol PP dan Damkar) Kebakaran Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan pemeriksaan kesiapan mesin portbale pemadam kebakaran milik Balakar di setiap RT yang berada di bantaran Sungai Arut mulai dari Kelurahan Raja Seberang, Kelurahan Mendawai, dan Mendawai Seberang pada Rabu (26/8).

Terkait kegiatan ini, Kasat Pol PP dan Damkar Kobar, Majerum Purni menyampaikan pesan kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Kobar dimanapun berada agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran.

(Baca Juga : Pertemuan Analisis dan Evaluasi Capaian Kesertaan KB dengan Kesertaan Rendah di Kabupaten Kobar)

"Dengan cara peduli keadaan disekitar kita, cek instalasi listrik dirumah yang sudah tidak layak pakai yang dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Kemudian kepada para ibu-ibu rumah tangga agar selalu waspada sesudah menggunakan kompor harap diperiksa pastikan api kompor sudah padam, dan jangan tinggalkan api yang masih menyala saat membakar sampah didekat rumah," imbau Majerum.

Sementara itu Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Agus Suhartono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program salah satu Seksi Kesiapsiagaan pada Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP dan Damkar Kobar.

“Kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga hari ini, setelah kami lakukan pemeriksaan mulai hari selasa (25/08) dimulai dari Kelurahan Raja Seberang dan rencana terakhir hari Jumat di Kelurahan Baru, rata-rata mesin portable pemadam kebakaran tersebut bisa dikatakan sudah dalam keadaan siap digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran di wilayah tersebut. Walau ada beberapa mesin yang tidak dapat berfungsi dengan baik dikarenakan jarang digunakan secara berkala," terangnya.

Kasatpol PP dan Damkar Majerum juga mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui telah terjadi musibah kebakaran agar segera hubungi Damkar Kobar sehingga kebakaran segera dapat dicegah bersama.

“Bila masyarakat mengetahui telah terjadi musibah kebakaran, segera hubungi kami Damkar Kobar agar segera dapat kita cegah bersama sehingga kebakaran tidak meluas ke rumah lain. Laporan cepat, kamipun cepat dan tepat meluncur ke lokasi kebakaran," imbuhnya. (satpolppdamkarkobar)