Hadapi Cuaca Extrim, BPBD Kobar Pasang Spanduk Peringatan di 25 Lokasi

Pemasangan panduk imbauan cuaca ekstrim oleh petugas BPBD Kobar.

MMC Kobar - Waspada cuaca ekstrem menjelang akhir tahun 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning atau peringatan akan adanya cuaca ekstrem pada Desember 2021 hingga Februari 2022. Untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrim tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memasang baliho dan spanduk imbauan di beberapa titik wilayah Kobar.

Sebanyak 30 baliho dan spanduk himbauan bencana pun dipasang di sepanjang jalur yang memiliki kerawanan terjadinya bencana cuaca ekstrim. 25 titik lokasi pemasangan diprioritaskan di wilayah yang sering terdampak cuaca ekstrim, seperti Kecamatan Kumai, Desa Kubu, Keraya, Teluk Bogam dan sekitarnya.

(Baca Juga : Hasil Rapid Test Non-Reaktif, Bupati Kobar Lepas 119 Santri di Pelabuhan Kumai)

"Sampai hari ini kami masih melakukan pemasangan papan imbauan tersebut di sejumlah titik rawan potensi bencana cuaca ekstrim di beberapa kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pahrul Laji.

Pahrul menjelaskan, pihak BPBD melakukan pemasangan papan imbauan tersebut, juga sekaligus untuk sosialisasi kepada masyarakat, supaya berhati-hati dan selalu waspada, mengingat saat ini memasuki musim penghujan disertai angin kencang guna mencegah adanya korban jiwa ketika terjadi bencana.

Pada kesempatan terpisah Kepala Pelaksana BPBD Syahruni mengatakan, sosialisasi  peringatan dini cuaca ekstrim dan dampak hidrometeorologi dimaksudkan agar masyarakat bisa waspada menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang terjadi yg bisa membahayakan keselamatan jiwa dan harta benda akibat bencana.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pemasangan spanduk di daerah-daerah rawan tersebut, apabila terjadi bencana masyarakat bisa menghubungi BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Nomor WA yang tersedia di spanduk tersebut,” ujar Syahruni.

Untuk melaporkan kejadian bencana, masyarakat Kobar dapat segera menghubungi BPBD melalui media sosial seperti twitter, facebook serta instagram BPBDKOBAR atau dapat menghubungi kontak person Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Pahrul Laji (0813 4903 2484) atau Kabid Kedaruratan dan Logistik, Martogi Siallagan (0852 4866 3008)(bpbd kobar)