Gandeng Asosiasi Aba Ambo, Dispar Sosialisasikan Pemilihan Aba Ambo Kobar Tahun 2022

MMC Kobar - Kegiatan pemilihan Aba dan Ambo Kotawaringin Barat (Kobar) Tahun 2022 sedang berjalan, dan saat ini telah memasuki tahap pendaftaran serta sosialisasi.

Dalam pelaksanaan sosialisasi pemilihan aba ambo tersebut, Dinas Pariwisata melalui Bidang Pemasaran Pariwisata menggandeng pihak Asosiasi Aba Ambo untuk ikut berperan serta dalam menjaring putra putri terbaik dari Kobar.

(Baca Juga : 3 Kejadian Pohon Tumbang Dalam Sehari, TRC BPBD Sigap)

Kepala Dinas Pariwisata, Wahyudi menuturkan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan di sekolah-sekolah, universitas serta lembaga pendidikan yang ada di Kobar, yang pelaksanaannya telah dimulai dari awal bulan Agustus lalu.

“Kegiatan pemilihan aba ambo ini melalui beberapa tahap. Dan saat ini masih memasuki tahap sosialisasi yang dibarengi dengan tahap pendaftaran, dimana pendaftaran akan ditutup nanti pada tanggal 29 September 2022,” jelas Wahyudi, Rabu (14/9).

Wahyudi menambahkan, setelah melalui tahap pendaftaran, beberapa tahapan nantinya akan dilalui oleh para peserta, diantaranya penyeleksian berkas pendafataran, pengumuman 60 besar, interview 60 besar, pengumuman top 20, technical meeting top 20, pra karantina, karantina, malam unjuk bakat, deep interview, dan grand final.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata,Bambang Sigid Purnomo menyampaikan harapannya agar kegiatan sosialisasi dapat berjalan lancar serta mampu menjaring peserta yang  telah memenuhi persyaratan.

“Diharapkan para peserta yang terjaring dapat memenuhi persyaratan, dan nantinya dapat bersaing secara sehat untuk menjadi yang terbaik sebagai Duta WisataKotawaringin Barat,” tutur Bambang.

Pemilihan Aba Ambo Kobar sendiri merupakan perhelatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mencari duta wisata yang akan membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata Kobar.

Mereka yang terpilih harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni :

  • WNI dan berdomisili di Kobar;
  • bebas NAPZA (narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya);
  • sehat jasmani dan rohani;
  • usia 17-24 tahun;
  • memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional (Aba minimal 168 cm dan Ambo minimal 160 cm);
  • berwawasan luas, berbudaya, komunikatif, berkepribadian menarik;
  • menguasai minimal satu bahasa daerah Kotawaringin Barat;
  • memiliki akun di medsos dan masih aktif;
  • bersedia mengikuti seluruh rangkaian pemilihan aba ambo serta bersedia aktif mengikuti aturan terkait acara Asosiasi Aba Ambo Kobar.

Semoga dengan pemilihan aba ambo ini akan melahirkan duta-duta pariwisata yang akan mengharumkan pariwisata Kotawaringin Barat.

Salam Pariwisata Indonesia. (dispar kobar)