Gali Data Sektor Ketahanan Pangan, Tim Forum Kabupaten/Kota Sehat Kobar Sambangi DKP Kobar

Kepala DKP Kobar Ir. Kris Budi Hastuti saat berfoto bersama Tim FKS Kobar di depan Demplot OPAL, Selasa (1/9).

MMC Kobar- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) dalam kegiatannya mendukung  terwujudnya Kobar yang sehat menerima Tim Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKKS) Kobar dalam rangka penggalian data penunjang sektor ketahanan pangan dan gizi pada Selasa (1/9).

Dalam pertemuan yang diterima langsung oleh Kepala DKP Kobar, Kris Budi Hastuti, Tim FKKS Kobar menggali dan mengumpulkan data yang terkait dengan program-program Ketahanan Pangan DKP Kobar yang berintegrasi dengan sasaran kelompok masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya Kabupaten Kobar yang sehat, guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

(Baca Juga : Peringatan Imlek, Pj Bupati bersama Forkomimda Kunjungi Tokoh-tokoh Tionghoa di Kobar)

Kepala DKP Kobar, Kris Budi Hastuti mengatakan program-program ketahanan pangan yang sekarang telah dijalankan selalu berinteraksi dengan pelaku usaha di bidang pangan.

“DKP Kobar siap mendukung dan siap memberikan data terkait tatanan indikator ketahanan pangan dan gizi dalam penilaian Kabupaten Sehat melalui data peningkatan produksi tanaman pangan, Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ketersediaan pangan, cadangan pangan dan penguatan lembaga distribusi pangan melalui Desa mandiri Pangan (Demapan) dan Toko Tani Indonesia (TTI),” imbuh Kris.

Sementara itu Ketua Tim FKKS Kobar, Muhammad Fauzi menuturkan bahwa untuk penilaian Kabupaten/Kota Sehat ini diperlukan data dan dokumen pendukung tentang Ketahanan Pangan dan gizi Tahun 2020, baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun swadaya masyarakat.

Setelah pertemuan tersebut Tim FKS Kobar juga meninjau pemanfaatan pekarangan di halaman DKP Kobar hasil kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) yang merupakan sarana percontohan untuk memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan.