Galang Kekeluargaan dan Kebersamaan, DLH Kobar Gelar Bukber Bertajuk Kebersihan

Keluarga Besar Dinas Lingkungan Hidup berfoto bersama Ustadz Ihsan, usai acara Bukber, Kamis (9/5/2019). (karlan08/DLH Kobar)

MMC Kobar - Bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan tentunya menjadi bulan yang ditunggu-tunggu khususnya umat muslim di seluruh penjuru dunia yang mana ibadah puasa merupakan perintah wajib yang harus dilakukan, dengan rukunnya berniat puasa yang diisi dengan makan sahur kemudian menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, mulai waktu fajar hingga terbenamnya matahari serta ditutup dengan berbuka puasa.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat (DLH Kobar) dalam bingkai keluarga besarnya menggelar acara buka bersama yang diadakan di RM. “Berkah Ruhama” pada hari Kamis (09/05/2019).

(Baca Juga : Surat Edaran Kementerian Investasi/BKPM Nomor 12 Tahun 2021)

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh pegawai yang beragama Islam akan tetapi hadir pula rekan-rekan pegawai dari non-Muslim sebagai wujud kebersamaan dan kekeluargaan dengan tetap menjaga kerukunan dan toleransi antar keduanya.

Dalam sambutannya, Kepala DLH Kobar, Bambang Djatmiko mengharapkan adanya kekompakan dan kerjasama yang baik dengan tetap dan terus menjalin tali silaturahmi baik antara pegawai maupun dengan keluarga dari pegawai DLH Kobar.

Rasa kekeluargaan dan kebersamaan harus tetap dijalin dan dijaga agar sebagai kekuatan team work dalam menjalankan tugas untuk mencapai prestasi dan pelayanan yang lebih baik.

Dalam acara tausiyah yang diisi oleh Ustadz Ihsan, beliau memberikan siraman rohani bertajuk kebersihan. Dalam tausiyah tersebut beliau menuturkan pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan hati. Beliau mengutip hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabarani dalam al-Mu’jam al-Ausath bahwa “Kebersihan Sebagian Dari Iman”.

Potongan hadits tersebut walaupun sanadnya lemah akan tetapi makna yang terkandung di dalamnya adalah benar. Karena Islam mengajarkan kebersihan dan keindahan. Hal tersebut dituntun dalam ajaran fikih untuk bersuci (thaharah) dan berwudhu. Dalam hadits lain diterangkankan bahwa “kesucian adalah bagian dari iman.” (Muslim, no. 223) dan “Sesungguhnya Allah itu Maha indah, dan suka keindahan.” (Muslim, no. 91).

Dalam implementasinya menjaga kebersihan itu sangat penting dilakukan. DLH Kobar yang notabene merupakan leading sector dalam pengelolaan kebersihan dan persampahan, tentunya harus lebih dulu memulainya.

“Mari kita mulai menjaga kebersihan mulai dari menjaga kebersihan anggota badan, kebersihan rumah maupun kebersihan lingkungan sekitar,” tutup beliau dengan dilanjutkan doa dan buka bersama. (karlan08/DLH Kobar)