Fun Walk 2018, Penanda Dukung Atlet Indonesia dan Revitalisasi Muspen

Jakarta, Kominfo - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Fun Walk Asian Games 2018 “Dukung Bersama Indonesia Juara”. Momen untuk menyemarakkan Asian Games 2018 dan dukungan untuk atlet Indonesia ini juga menjadi penanda revitalisasi tahap I Museum Penerangan. 

"Asian Games 2018 telah menginjak hari ke-8. Jangan lewatkan kesempatan untuk terus mendukung Indonesia. Indonesia bangga menjadi tuan rumah Asian Games" kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti saat akan melepas peserta Fun Walk di halaman depan Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur,  Minggu (26/08/2018) pagi. 

(Baca Juga : Pawai Nasi Adab, Media Merayakan Keberagaman Budaya di Kobar)

Menurut  Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo telah melaksanakan berbagai tugas kehumasan Asian Games 2018 termasuk melaksanakan Pesta Rakyat di 15 provinsi seluruh Indonesia, Lomba Gapura, Virtual Run, Writingthon, Dance Challenge, sebelum pembukaan Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus lalu.

"Kami tidak berhenti sampai disitu. Rasa cinta rakyat kepada para pahlawan olahraga harus diangkat dan menular, terlebih melalui aktivitas sehat seperti ini," ungkapnya.

Dirjen Niken juga mengharapkan seluruh peserta memberikan dukungan agar atlet Indonesia mampu mencapai target perolehan 16 medali emas dan tetap dalam peringkat 10 besar Negara peraih emas.

"Indonesia saat ini peringkat ke-5 dengan mendapatkan 10 medali emas. Kita harus semangat. Kita sungguh bangga Asian Games berjalan dengan lancar. Saat ini kesempatan Bapak dan Ibu untuk memberikan dukungan sambil berolah raga santai bersama-sama, sebagai sesame saudara sebangsa dan setanah air," harapnya. 

Revitalisasi Muspen

Museum Penerangan atau Muspen merupakan unit pelaksana teknis di bawah Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo. Momen Fun Walk juga menandai revitalisasi Tahap I Muspen.

Menurut Kepala Muspen, Abdullah, lembaga yang dikelolanya juga merasa memiliki Asian Games.  "Kami mengoleksi salah satu artefak Asian Games, yaitu sebuah kamera siaran luar TVRI yang meliput pembukaan Asian Games 1962 di Jakarta," katanya. 

Abdullah menyampaikan revitalisasi Muspen tercermin dari perubahan tata pamer koleksi Muspendi lantai 1. “Kami menyebut perubahan ini sebagai revitalisasi fisik tahap 1. Kami ingin generasi millenial merasa homy di museum ini, mempelajari sejarah layanan informasi dan perkembangan teknologi di Museum Penerangan bisa menyenangkan asal penyampaian ceritanya runut dan dikemas dalam teknologi yang dikenal akrab oleh anak muda,” jelasnya. 

Launching Revitalisasi Museum Penerangan Tahap I dilakukan oleh  Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik yang didampingi oleh Staf Ahli Menkominfo bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Gun Siswadi bersama para sejarahwan, praktisi museum dan pejabat TMII menyampaikan apresiasinya. 

“Dengan revitalisasi kita sama- sama berharap Museum Penerangan bisa menjadi salah satu jawaban dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi oleh generasi muda secara positif, dengan menonjolkan penyebaran kabar baik dan meredam informasi hoaks,” harap Gun Gun Siswadi. 

Kegiatan diikuti 1000 orang peserta dari komunitas museum, komunitas olah raga, Asosiasi Museum Kawasan Taman Mini Indonesia Indah, sejarahwan, dan masyarakat umum.  Diawali dengan senam bersama dan Dance Asian Games 2018 kemudian yel-yel untuk menyemangati Atlet Asian Games oleh Yosi Project Pop. 

Dalam kegiatan ini peserta akan berjalan santai mengelilingi miniatur Indonesia sebagai simbol dukungan kita terhadap atlet Indonesia yang berasal dari berbagai provinsi. Jalan santai keliling lingkar dalam TMII ini akan ditempuh dalam waktu 1 jam.

Akhir kegiatan launching bersamaan dengan kedatangan para peserta Fun Walk Asian Games 2018 di titik finish. Para peserta diundang untuk menikmati suguhan musik live persembahan White Soul Band, berbagai games menarik berhadiah merchandise Asian Games 2018, dan undian doorprize dengan berbagai variasi hadiah, dari uang elektronik, sepeda, sampai kulkas. 

Seluruh kemeriahan acara ini selalu difokuskan untuk mendukung atlet, seperti misalnya games berfoto bersama standing banner atlet, memposting vlog dukungan kepada atlet favorit, juga memperagakan Dance Asian Games 2018 dan meneriakkan yell-yell untuk Timnas Indonesia. Dukungan masyarakat ini diharapkan dapat terus membakar api semangat para pahlawan bangsa di Asian Games 2018 sehingga prestasi yang dicapai maksimal. (PS/*)