Dukung Pemenuhan Pangan dan Gizi di Masa Pandemi, DKP Kobar Serahkan Bantuan kepada Kelompok Demapan

DKP Kobar Serahkan Bantuan Bibit Ternak dan Pakan kepada Kelompok Demapan

MMC Kobar - Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi ditengah pandemi Covid-19 dan optimasi pemanfaatan lahan pekarangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) membagikan bantuan bibit ternak ayam/itik beserta pakan dan obat-obatan kepada Kelompok Afinitas Desa Mandiri Pangan (Demapan) di Kabupaten Kobar, Senin (7/12).

Kepala DKP Kobar, Kris Budi Hastuti di tempat terpisah mengatakan kebutuhan pangan masyarakat bukan hanya nabati saja, akan tetapi kebutuhan protein hewani juga merupakan sumber pangan yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan konsumsi tubuh manusia.

(Baca Juga : Jelang Pilgub Kalteng 2020, KPU Kobar Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara)

“Konsumsi pangan yang bersumber dari protein hewani dalam jumlah cukup sangat diperlukan untuk penguatan ketahanan pangan dan gizi keluarga, terutama pada saat pandemi Covid-19 ini. Salah satu upaya pemerintah daerah dalam menangani Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi Covid-19 yaitu memberikan bantuan bibit ternak ayam/itik beserta pakan dan obat-obatan agar dapat memenuhi konsumsi protein hewani yang dihasilkan dari ternak yang diberikan antara lain ayam/itik dan sebagian telur yang dihasilkan bisa dijual,” terang Kris.

 “Diharapkan bantuan ternak ini dapat dipelihara dengan baik sehingga dapat berkembang serta dapat meningkatkan pendapatan bagi kelompok penerima bantuan,” imbuhnya.

Kelompok Afinitas Demapan yang mendapatkan bantuan ayam/itik, pakan dan obat-obatan  yang tersebar di 2 Kecamatan, yaitu Kelompok Demapan Nusa Indah Desa Kumpai Batu Atas dan Kelompok Demapan Mawar Desa Tanjung Terantang Kecamatan Arut Selatan dengan bantuan terdiri dari 30 ekor ayam jantan buras, 270 ayam betina buras, 30 sak/karung pakan dan 1 paket obat-obatan.

Kemudian Kelompok Demapan Melati Desa Natai Raya Kecamatan Arsel dan Kelompok Demapan Karya Mandiri Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai mendapat bantuan  berupa 30 ekor itik jantan, 270 ekor itik betina, 30 sak/karung pakan dan 1 paket obat-obatan. (dkp kobar)