DPRD Kobar Apresiasi Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor

MMC Kobar – Pada Selasa (21/3) dilaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor di Aula Kantor Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama. Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua II DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Suherman, Camat Kotawaringin Lama Nahwani, perwakilan Dinas Kesehatan dan para undangan lintas sektor lainnya.

Pada pertemuan ini dibahas kesepakatan untuk melakukan kegiatan pencapaian kinerja puskesmas yang belum tercapai, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan peran lintas sektoral terkait. Melalui kegiatan ini peserta dapat memberikan masukan dan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang nantinya dapat menjadi acuan dan perbaikan di dalam memberikan pelayanan kesehatan.

(Baca Juga : Manfaatkan Ban Bekas, Pemerintah Kecamatan Pangkalan Lada Optimalkan Lahan Pekarangan)

Wakil Ketua II DPRD Bambang Suherman mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, lokakarya mini ini merupakan upaya untuk meningkatkan sinergitas dan peran lintas sektor, mulai dari pemerintah kecamatan, kelurahan, pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan.

“Lokakarya Mini Lintas Sektor ini untuk berbagi tugas khususnya intervensi semua kepala desa oleh camat sebagai koordinator wilayah untuk hal yang sifatnya pemberdayaan atau upaya kesehatan yang melibatkan masyarakat," ujar Bambang Suherman. 

Untuk itu, lanjut Bambang, perlu dimantapkan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan berkala dan penyuluhan kesehatan bagi pelajar dan juga di bidang pelayanan posyandu ditingkatkan kerjasama dengan aparat desa dan kelurahan. 

“Selanjutnya menghidupkan kembali kegiatan dan upaya kesehatan di desa-desa,” imbuhnya.

Sesuai Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas, manajemen puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini.

Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Tujuan Mini lokakarya Puskesmas antara lain untuk : 

  • menggalang kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sector;
  • memantau hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan;
  • mengidentifikasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas;
  • mengidentifikasi penyebab masalah serta diupayakannya pemecahan masalah;
  • menyusun rencana kerja untuk periode selanjutnya.

Pelayanan kesehatan yang dibutuhkan saat ini tidak hanya menunjang kemudahan akses, namun juga harus mendukung peningkatan mutu dalam pelayanan. Pelayanan yang bermutu dan berkualitas ini akan terwujud jika ada pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (setwan kobar)