DPKH Kobar Berikan Layanan Kesehatan Hewan di Desa Pasir Panjang

Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sedang melaksanakan Pengobatan Pada Ternak Yang Sakit.

MMC Kobar - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kobar melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Rabu (29/1) lalu melaksanakan Kegiatan Layanan Kesehatan Hewan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan.

Pelayanan kali ini bersifat reguler dengan pola layanan active service, yaitu mendatangi langsung ke lokasi peternakan sapi milik masyarakat.

(Baca Juga : Pj Bupati Ikuti Fun Bike Dalam Rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-76)

Tujuan pelayanan adalah pemantauan kesehatan ternak sapi, tindakan terapeutik/pengobatan jika ditemukan kasus penyakit dan pengambilan sampel darah untuk pengujian di laboratorium Balai Besar Veteriner Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan di 2 lokasi peternakan yang berbeda dengan jumlah total ternak sapi sebanyak 28 ekor, yang terdiri dari sapi ras Bali, limosin, PO dan lokal.

Dari 28 ekor sapi yang diperiksa tidak ditemukan gejala klinis penyakit hewan menular. Umumnya sapi menderita helminthiasis dan penurunan nafsu makan. Adapun jenis sampel yang dikoleksi terdiri dari sampel ulas darah, serum dan feses.

“Petugas medik dan paramedik veteriner selain melakukan pelayanan teknis, juga memberikan konsultasi terkait kesehatan ternak,” tutur Kepala Bidang Keswan Kesmavet, Haryo Prabowo.

Para peternak menyambut baik atas layanan keswan yang diberikan oleh petugas DPKH dan berharap kegiatan serupa dirutinkan. (dpkh kobar)