Dispursip Kobar Adakan Wisata Pustaka dan Parenting Keluarga bersama TK Mujahidin

Tim Pustakawan menyambut kedatangan anak-anak TK Mujahidin Kelas A di halaman Dispursip Kobar

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Wisata Pustaka dan Parenting Keluarga bersama TK Mujahidin pada Rabu (13/9). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong tumbuhnya minat baca pada anak-anak sejak usia dini dan menjalankan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar.

Wisata Pustaka TK Mujahidin yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 13-14 September 2023 yakni Kelas A dan B berjumlah kurang lebih 130 anak. Selain itu, Parenting Keluarga juga termasuk dalam rangkaian kegiatan memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2023. 

(Baca Juga : Dinas Perhubungan Kabupaten Sukamara Konsultasi e-Arsip Srikandi ke Dispursip Kobar)

Para peserta disambut secara langsung oleh Zokhratus Safhidah Pustakawan Ahli Muda, Imelda N. Pakpahan Pustakawan Ahli Muda, Sri Mulyana Kasubag Tata Usaha,  Cicih Sri Wahyuni Pustakawan Mahir dan Ricka Ayu Roselin Pengelola Bahan Pustaka di halaman Dispursip Kobar.

Wisata Pustaka pada hari ini dilaksanakan di aula serbaguna Dispursip Kobar bersama anak-anak TK Mujahidin Kelas A yang akan diikuti kurang lebih 60  anak dan didampingi guru pendamping. Pada pelaksanaan kegiatan wisata pustaka, anak-anak terlebih dahulu diajak senam bersama, mewarnai sketsa dengan tema “Perpustakaan Sahabatku” dan bermain di area ruang bermain anak.

Selain itu, Dispursip Kobar juga mengadakan kegiatan Parenting keluarga menghadirkan narasumber Supaini selaku Fasilitator Pendidikan Keluarga Kemendikbudristek dengan didampingi Pustakawan Ahli Muda, Zokhratus Safhidah dan Pustakawan Terampil, Lucyana Kartikasari. Kegiatan ini dilaksanakan di aula serbaguna Dispursip Kobar dengan mengangkat tema “Pengasuhan Positif” yang diikuti oleh orang tua wali murid TK Mujahidin Kelas A sebanyak kurang lebih 50 orang.

Anak-anak TK Mujahidin Kelas A saat mewarnai

“Pengasuhan positif adalah pengasuhan berdasarkan kasih sayang, saling menghargai, membangun hubungan yang hangat antara anak dan orang tua, saling membangun, serta mendukung tumbuh kembang anak dan pendekatan yang mengedepankan penghargaan, pemenuhan, dan perlindungan hak anak, serta kepentingan terbaik anak dan upaya untuk memberikan lingkungan yang bersahabat dan ramah sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang lebih baik,” terang Supaini.

“Di mana dan siapa yang harus melakukan pengasuhan positif dan bagaimana menerapkan pengasuhan positif? Pengasuhan positif perlu dilakukan di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Selain itu, pengasuhan positif  diterapkan dengan memberikan keteladanan yang baik, melakukan pembiasaan baik, melakukan pengasuhan tanpa kekerasan, melakukan pengasuhan secara berkelanjutan,” lanjutnya.

Pada kegiatan Parenting keluarga, peserta yang merupakan orang tua wali murid TK Mujahidin menyimak seksama materi yang disampaikan oleh narasumber. Pada akhir sesi kegitan, orang tua wali murid yang beruntung diberikan goodybag sebagai bentuk apresiasi karena mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh narasumber. (dispursip kobar)

Narasumber Bapak Supaini bersama orang tua wali murid TK Mujahidin dalam kegiatan parenting keluarga