Dispursip Kobar Adakan Kegiatan Story Telling dan Kelas Berbagi bersama TK Kartika V-42

Narasumber Puji Darwanti saat menyampaikan story telling kepada anak-anak TK Kartika V-42

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan kegiatan Story Telling dan kelas berbagi, Selasa (5/9). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong tumbuhnya minat baca pada anak-anak dan mengenalkan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar. 

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengembangan Layanan Perpustakaan Rujukan Tingkat Kabupaten/Kota. Pada kesempatan ini, Dispursip mengundang TK Kartika V-42.

(Baca Juga : Pj Bupati Kobar Lantik 190 PPPK Jabatan Fungsional Guru)

Adapun rangkaian kegiatan ini adalah sosialisasi layanan perpustakaan, kegiatan story telling dan kelas berbagi yang diikuti oleh anak-anak dari TK Kartika V-42 dan orang tua wali murid. Para peserta disambut secara langsung oleh Tim Pustakawan Zokhratus Safhidah, Imelda N. Pakpahan, Cicih Sri Wahyuni. Kegiatan ini dilaksanakan di area outdoor dan aula serbaguna Dispursip Kobar.

Pada sesi kegiatan story telling, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Puji Darwanti didampingi Pustakawan Imelda N. Pakpahan. Pada sesi story telling ini diikuti anak-anak TK Kartika V-42 sebanyak 28 anak. 

Anak-anak TK Kartika V-42 saat bermain edukasi puzzle balok

Narasumber Puji Darwanti membawakan cerita berjudul Mengenalkan Keluarga Sayur-Sayuran. Diharapkan dengan mendengar cerita tentang keluarga sayur-sayuran, anak-anak jadi suka makan sayur dan lebih mengenal jenis-jenis sayuran serta mengetahui manfaat dari sayuran.

Setelah kegiatan story telling, anak-anak diajak untuk menggerakkan badan dengan mengikuti senam. Selain itu, anak-anak TK Kartika V-42 diajak bermain edukasi bongkar pasang dan menyusun puzzle dari balok. Tujuannya adalah untuk melatih berpikir kreatif dan imanjinatif, meningkatkan kemampuan berpikir kognitif, memperkuat keterampilan motorik serta melatih koordinasi mata dan tangan pada anak.

Sembari menunggu anak-anak TK Kartika V-42 mengikuti kegiatan story telling, Pustakawan Cicih Sri Wahyuni menyampaikan sosialisasi layanan yang ada di perpustakaan, syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan, kemudahan apa saja yang diperoleh jika menjadi anggota perpustakaan kepada orang tua wali murid TK Kartika V-42.

“Ibu-Ibu bisa mendaftarkan anak-anaknya untuk menjadi anggota perpustakaan. Apabila telah menjadi anggota perpustakaan, pengguna perpustakaan (pemustaka) dapat meminjam koleksi bahan perpustakaan sebanyak 2 eksemplar selama 7 hari,” jelas Cicih.

Lebih lanjut Cicih menyampaikan, Dispursip Kobar juga memiliki layanan Pojok Baca Digital (POCADI) di Taman Kota Manis Pangkalan Bun yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book) serta dilengkapi dengan koleksi tercetak, koleksi digital, komputer, televisi serta beberapa akses internet pendukung. 

“Selain itu, pada bulan September ini yang bertepatan dengan Bulan Gemar Membaca, Dispursip Kobar akan mengadakan kegiatan Pekan Hari Kunjung Perpustakaan yang ke-28 tahun, dimana rangkaian kegiatannya ada beberapa kegiatan kelas berbagi terbuka untuk umum yang bisa diikuti oleh orang tua wali murid secara gratis yakni kelas berbagi Beauty Demo Wardah, Kelas Berbagi Membangun Personal Branding di Era Digital, Kelas Berbagi Parenting Read Aloud,” ungkapnya.

Pada sesi kegiatan kelas berbagi, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Selvia Aryanti didampingi Cicih Sri Wahyuni dan Linna Diana. Kegiatan kelas berbagi ini diisi dengan membuat bros dari akrilik yang diikuti oleh orang tua wali murid TK Kartika V-42 sebanyak 28 orang.

Adapun tujuan kegiatan kelas berbagi ini dilaksanakan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi orang tua wali murid serta memberikan ketermanfaatan koleksi bahan pustaka sebagai sarana belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan keterampilan dalam membuat karya seni. 

Dengan adanya kegiatan kelas berbagi ini diharapakan orang tua wali murid TK Kartika V-42 dapat mengimplementasikan kembali keterampilan membuat bros akrilik yang diperoleh dari kegiatan kelas berbagi di rumah. (dispursip kobar)

Ibu Selvia Aryanti saat mempraktikkan membuat bros akrilik kepada orang tua wali murid TK Kartika V-42