Dispursip Kobar Adakan Kegiatan Story Telling dan Kelas Berbagi bersama TK Harapan Mulia

Story Telling bersama anak-anak TK Harapan Mulia

MMC Kobar - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan kegiatan Story Telling dan kelas berbagi, Senin (31/7). Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pengembangan Layanan Perpustakaan Rujukan Tingkat Kabupaten/Kota. 

Pada kesempatan ini, Dispursip mengundang TK Harapan Mulia Kumpai Batu Atas. Adapun rangkaian kegiatan ini adalah sosialisasi layanan perpustakaan, kegiatan story telling dan kelas berbagi yang diikuti oleh anak-anak dari TK Harapan Mulia dan orang tua wali murid.

(Baca Juga : Aparat Desa di Kobar Ikuti Pelatihan Aturan Pengelolaan Keuangan Desa yang Baru)

Para peserta disambut secara langsung oleh Tim Pustakawan Zokhratus Safhidah, Imelda N. Pakpahan, Cicih Sri Wahyuni dan Lucyana Kartikasari. Kegiatan ini dilaksanakan di area outdoor dan aula serbaguna Dispursip Kobar.

Pada sesi kegiatan story telling, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Citra Dewi yang merupakan juara 3 Lomba Story Telling bagi guru PAUD/TK dan Ibu Rumah Tangga tahun 2022. Pada sesi Story Telling ini diikuti anak-anak TK Harapan Mulia Kumpai Batu Atas kelas B sebanyak 31.

Sosialisasi Layanan Perpustakaan dan Kelas Berbagi bersama Orang Tua Wali Murid TK Harapan Mulia Kumpai Batu Atas

Narasumber Citra Dewi membawakan cerita berjudul “Siapa yang Kentut” karya Noor Ha Dee. Selain itu, anak-anak diajak untuk menggerakkan badan dengan mengikuti senam ceria anak serta diajak untuk membuat gelang dari bahan sedotan dan tali kur dengan tujuan untuk mengasah dan mengembangkan motorik halus serta melatih koordinasi mata dan tangan pada anak.

Pustakawan Imelda N. Pakpahan menyampaikan, sosialisasi layanan yang ada di perpustakaan, syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan dan kemudahan apa saja yang diperoleh jika menjadi anggota perpustakaan. 

“Apabila telah menjadi anggota perpustakaan, pengguna perpustakaan (pemustaka) dapat meminjam koleksi bahan perpustakaan sebanyak 2 eksemplar selama 7 hari,” jelas Imelda.

Pada sesi kegiatan kelas berbagi, Dispursip Kobar menghadirkan narasumber Sukarni didampingi Imelda N. Pakpahan. Kegiatan kelas berbagi ini diisi dengan membuat buket bunga dari daur ulang dan akrilik yang diikuti oleh orang tua wali murid TK Harapan Mulia sebanyak 29 orang.  

Adapun tujuan kegiatan kelas berbagi ini dilaksanakan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi orang tua wali murid serta memberikan ketermanfaatan koleksi bahan pustaka sebagai sarana belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan keterampilan dalam membuat karya seni.  

Dengan adanya kegiatan kelas berbagi ini diharapakan orang tua wali TK Harapan Mulia dapat mengimplementasikan kembali keterampilan yang didapat dari kegiatan kelas berbagi di rumah. (dispursip kobar)

(Foto bersama) - Tim Pustakawan Dispursip Kobar dan murid-murid TK Harapan Mulia Kumpai Batu Atas