Dispursip dan IPI Kobar Gelar Ruang Ekspresi dan Kolaborasi Review Naskah Pracetak

Kegiatan ruang ekspresi dan kolaborasi review naskah pracetak

MMC Kobar - Sabtu (21/10) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Kobar menggelar kegiatan Ruang Ekspresi dan Kolaborasi Review Naskah Pracetak di aula serbaguna lantai 2 Dispursip.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun karakter anak melalui sebuah buku cerita yang meggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa daerah Kotawaringin.

(Baca Juga : Dua Pemuda Kobar Wakili Kalteng Ikuti Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional)

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Supaini selaku Penulis dan Praktisi Pendidikan, serta Gusti Misrani selaku Pelestari Bahasa Kotawaringin. Kegiatan Ruang Ekspresi dan Kolaborasi Review Naskah Pracetak dengan tema “Buku Cerita Anak Pembangunan Karakter” ini diikuti oleh 45 orang peserta. 

Pemaparan naskah pracetak

Terdapat 2 judul buku yang dilakukan review yakni Udin Peloma dengan ilustrator Shella Ayu Dini W dan Si Kelambu Buruk dengan ilustrator Safira Dwinda Nabila Putri yang ditulis oleh Supaini dan Mia Cisadani.

Supaini menyampaikan, buku ini dibuat sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi anak-anak saat ini yang seakan tergerus oleh era modern dan melupakan bahasa daerah serta minim mengenal permainan tradisional. Dimana, jika diperhatikan permainan tradisional sebenarnya banyak memiliki manfaat dan berdampak positif pada pembentukan karakter anak-anak. 

“Buku ini juga ditulis dwi bahasa dengan harapan, anak-anak lebih mengenal bahasa daerah (bahasa kotawaringin) dan budaya tradisional daerah,” jelas Supaini.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat melestarikan bahasa Kotawaringin baik melalui buku cerita ataupun di kehidupan sehari-hari agar budaya bahasa daerah Kotawaringin semakin dikenal oleh masyarakat terutama anak-anak sebagai generasi penerus. (dispursip kobar)

Sesi Foto Bersama Peserta ruang ekspresi dan kolaborasi review naskah pracetak