Dishub Kobar Lakukan Persiapan Pengaturan Lalu Lintas dan Parkir Jelang Haul Kyai Gede ke 12

Kabid LLA didampingi Kasi LL berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Haul Kyai Gede ke 12 sekaligus meninjau lokasi. (13/03/2020) - Dishub Kobar

MMC Kobar - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan persiapan jelang acara Festival Religi Haul Kyai Gede ke 12 Tahun 2020 di Kecamatan Kotawaringin Lama, Jum’at (13/3).

Acara Haul Kyai Gede ke 12 yang akan diselenggarakan pada Minggu (15/3) ini telah menjadi agenda rutin Pemkab Kobar dan menjadi wisata religi bagi masyarakat khususnya Kabupaten Kobar dan masyarakat Kalimantan Tengah pada umumnya.

(Baca Juga : Bekerjasama dengan Damkar, KPU Kobar Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran)

Setiap tahunnya acara tersebut dibanjiri antusiasme masyarakat dari berbagai daerah. Oleh karena itu, perlu dilakukan persiapan matang terkait acara tersebut salah satunya persiapan yang ditangani oleh Dishub Kobar yaitu pengaturan lalu lintas dan penataan parkir. 

Plt Kepala Dishub Kobar melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Dishub Kobar, Burhan didampingi Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Kobar, Imam ilhami telah melakukan koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara. Pihak panitia penyelenggara memberikan gambaran lokasi terkait penyelenggaraan acara dan telah menyiapkan beberapa titik – titik lahan parkir untuk jama’ah Haul Kyai Gede ke 12.

"Kami akan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada saat berlangsungnya acara Haul Kyai Gede ke 12. Untuk pengalihan arus dari arah jalan Pangkalan Bun – Kolam ada beberapa ruas yang kami tutup demi ke stabilan dan kelancaran lalu lintas menuju lokasi acara. Dari arah pangkalan bun, para jamaah akan diarahkan menuju jalan AMPI tepat disimpang masjid yayasan pancasila. Sedangkan untuk jamaah dari Kabupaten Sukamara dan Lamandau akan diarahkan melalui jalan pangkalan muntai,” terang Burhan.

Selain itu Dishub Kobar telah berkoordinasi dengan pihak panitia penyelenggara terkait ketersediaan lahan untuk lokasi parkir kendaraan roda 2 dan roda 4. Ada kurang lebih 16 titik lokasi parkir yang disediakan oleh panitia untuk para jamaah Haul Kyai Gede ke 12.

“Kami juga meminta kepada pihak panitia penyelenggara untuk menyediakan juru parkir (jukir) di lokasi parkir yang telah ditentukan. Dan panitia sudah menyiapkan para jukir yang akan ditugaskan untuk mengatur parkir kendaraan para jamaah Haul Kyai Gede di titik titik lokasi parkir yang telah disediakan oleh panitia,” pungkas Burhan. (dishub kobar)