Dishub Kobar Bersama Instansi Terkait Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Penumpang di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

Petugas saat melakukan pengecekan dan pemeriksaan suhu tubuh penumpang KM Dharma Kencana yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang di Pelabuhan Panglima Utar, Kumai (18/03) - (dishub kobar)

MMC Kobar - PT Pelindo III Kumai selaku pengelola terminal penumpang pelabuhan Panglima Utar bersama instansi terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sampit Wilayah Kerja (Wilker) Pelabuhan Kumai, TNI dan POLRI bersama pihak operator PT Pelni dan PT Dharma Lautan Utama (DLU) melakukan pengecekan dan pemeriksaan suhu tubuh penumpang yang akan berangkat dan penumpang yang datang dari Pulau Jawa, Rabu (18/03).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) yang masuk melalui sektor transportasi laut.

(Baca Juga : Belum Vaksin Booster, Pelaku Perjalanan Domestik Wajib Lampirkan Antigen/PCR)

Pengecekan dan pemeriksaan suhu tubuh dilakukan kepada para penumpang yang berada di terminal Pelabuhan Panglima Utar Kumai yang kemudian akan berangkat menggunakan KM Dharma Kencana. Setelah itu, dilakukan pula pengecekan dan pemeriksaan suhu tubuh kepada penumpang yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menggunakan KM Dharma Kencana Tersebut.

Plt Kepala Dishub Kobar, Majerum Purni melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kobar, Eddy Kusnandar menyampaikan bahwa giat ini dilakukan sesuai arahan Bupati Kobar kemarin.

“Ibu Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah menginstruksikan kepada instansi terkait di sektor Perhubungan. Untuk langkah pencegahan dan mengantisipasi masuknya Covid-19 ini harus adanya sterilisasi di tempat-tempat dan sarana prasarana transportasi darat, laut, dan udara,” tutur Majerum.

General Manager PT Pelindo III Kumai, Zanuar Eka Wijaya menyampaikan bahwa PT pihaknya  secara rutin akan melakukan kegiatan untuk mencegah masuknya virus corona, yakni dengan cara :

  1. Mengecek dan memeriksa suhu tubuh kepada calon penumpang dan penumpang yang tiba.
  2. Menghimbau untuk mencuci tangan sebelum masuk terminal kepada calon penumpang.
  3. Memberikan rambu batas aman jarak antar orang pada saat Check In (Masuk) kedalam terminal.
  4. Memberikan rambu batas aman jarak antar orang dikursi penumpang dalam terminal.
  5. Memberikan penyuluhan dan edukasi kepada calon penumpang melalui tayangan televisi.
  6. Menyiapkan Hand Sanitizer diruang tunggu penumpang.
  7. Serta secara rutin 3 hari sekali akan menyemprotkan disinfektan dilingkungan PT. Pelindo III Kumai dan Terminal Penumpang Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Selanjutnya PT Pelindo III Kumai selaku pengelola terminal penumpang pelabuhan Panglima Utar, Dishub Kobar, dan KSOP Kumai bekerjasama dengan KKP Sampit Wilker Pelabuhan Kumai, TNI dan POLRI serta pihak Operator PT Pelni dan PT DLU akan selalu bersinergi dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari sektor transportasi laut diwilayah Kabupaten Kobar. (dishub kobar)