Disdukcapil Kobar Terima Pasokan 6 Ribu Keping Blangko KTP-El

Warga berfoto setelah mendapatkan pengarahan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kobar Drs. Gusti Imansyah terkait ketersediaan blanko.

MMC Kobar - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Gusti Imansyah, mengatakan sebanyak 6.000 keping blangko KTP-El telah diterima dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri pada Senin (17/02).

Selama hari Senin hingga Selasa (18/02) sudah digunakan sebanyak 300 keping, sehingga masih tersisa 5.700 keping.

(Baca Juga : SiCantik Cloud Hadir, Dinas PMPTSP Kobar Layani Bidang Kesehatan Secara Online)

“Peruntukannya, tetap kami prioritaskan dulu yang memang sudah PRR (print ready record), atau pemohon baru yang siap cetak. Kemudian prioritas kedua, warga-warga yang memang sudah lama memegang suket (surat keterangan),” ujarnya.

Selain memberlakukan skala prioritas, menurut Gusti Imansyah, juga dibatasi pencetakan maksimal 100 keping per hari. Hal itu berkenaan dengan ketersedian mesin pencetak KTP-El di kantor yang ada 1 unit, dengan batasan kemampuan mencetak 100 keping per mesin per hari.

“Kita tidak berani lebih dari 100, takut mesin rusak. Tetapi untuk pencetakan tetap jalan. Selain melayani yang ke kantor, beberapa pemohon yang PRR ataupun pemohon yang sudah lama memegang suket, juga terus kami cetak. Nanti yang sudah tercetak, itu akan kami layani dengan jemput bola, bawakan ke desa yang bersangkutan,” tuturnya.

Menurut data terakhir jumlah PRR 3.532, data PRR akan berkurang seiring dengan mulai dicetaknya KTP-El. (disdukcapil kobar)