Disdukcapil Kobar Dukung Saber Pungli

Tim Saber Pungli bersama Masyarakat dan Pegawai Disdukcapil Kobar

MMC Kobar - Dengan Motto "Stop Pungli", Satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan sosialisasi terkait saber pungli bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kobar (Disdukcapil Kobar), Selasa (20/10).

Kepala Disdukcapil Kobar melalui Sekretaris, Teguh Pramono menuturkan bahwa Disdukcapil sebagai Dinas Pelayanan Publik memang rawan terhadap pungli. Namun segala usaha dilakukan untuk meminimalisir terjadinya praktek haram tersebut.

(Baca Juga : KPKNL Pangkalan Bun Akan Laksanakan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Sampit)

"Inovasi-inovasi yang Kami lakukan seperti layanan Sida’kam dan kerjasama online dengan pemerintahan desa telah berhasil meminimalisir percaloan di lingkungan Disdukcapil Kobar, dimana masyarakat yang hendak membuat dokumen kependudukan selain dapat datang ke kantor juga bisa melalui media pengajuan online di aplikasi yang telah kami sediakan. Dan diwajibkan membubuhkan email pribadi dan nomor handphone (Hp) pemohon yang bersangkutan jadi satu kartu keluarga hanya satu nomor hp dan satu email,” tutur Teguh.

Tim Saber Pungli Kobar yang diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Arut Selatan (Arsel), Brigpol Lukman Tuahuns menuturkan bahwa sosialisasi diarahkan untuk menyasar lokasi-lokasi pelayanan publik. Hal ini dimaksudkan agar pelayan publik memiliki kesadaran lebih terhadap saber pungli dan turut aktif dalam mencegah terjadinya pungli.

"Kami berharap andil pegawai Disdukcapil Kobar sebagai pelayan publik untuk turut mengikis budaya korup," kata Tuahuns. (disdukcapil kobar)