Dinsos Kobar Salurkan Bantuan Permakanan kepada Lansia dan Penyandang Disabilitas di Kecamatan Arsel

Pekerja Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial Lukman Fandinata menyerahkan Bantuan Permakanan kepada salah satu Lansia di Kelurahan Raja

MMC Kobar - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan bantuan permakanan untuk Lanjut Usia (Lansia) dan Penyandang Disabilitas. Bantuan tersebut disalurkan kepada 30 orang lansia dan penyandang disabilitas di dua kelurahan yakni Kelurahan Mendawai dan Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan, Selasa (27/12).

Bantuan ini dimaksudkan untuk menambah asupan gizi sebagai upaya meningkatkan imunitas lansia maupun penyandang disabilitas yang hidup dalam kemiskinan, kesendirian, kondisi sakit menahun menjadi permasalahani yang harus ditangani.

(Baca Juga : Sebuah Keniscayaan, Pandemi Covid-19 dan TIK Picu Teknologi Industri 4.0)

Pekerja Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kobar Lukman Fandinata mengatakan, pemberian permakanan siap saji sangat membantu lansia dan penyandang disabilitas yang memiliki hambatan fisik, mental dan sosial, termasuk memberikan dukungan dan pelayanan untuk hidup mandiri. 

Mereka yang mendapatkan bantuan, lanjut Lukman, adalah warga lanjut usia dan penyandang disabilitas berasal dari keluarga tidak mampu, tidak produktif atau tidak bekerja.

Pekerja Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial menyerahkan Bantuan Permakanan kepada salah satu Lansia di Kelurahan Mendawai

“Bantuan yang diberikan adalah permakanan siap saji, pemberian bantuan permakanan siap saji untuk lansia dan penyandang disabilitas. Diberikan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari, karena banyak ditemui lansia itu makanannya tergantung oleh orang sekitarnya. bantuan ini diharapkan dapat meringankan untuk masalah permakanan,” terang Lukman.

Lukman melanjutkan, tujuan program permakanan siap saji adalah sebagai upaya perlindungan dan jaminan sosial dalam pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.

“Tujuan penyaluran bantuan permakanan ini adalah sebagai upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan jaminan sosial dalam pemenuhan kebutuhan dasar yaitu pangan dan nutrisi sehingga memperoleh kehidupan yang layak,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kobar Moehammad Daoed mengatakan, penyediaan permakanan ini sasarannya sebanyak 30 orang penerima manfaat. Adapun kendala yang dihadapi adalah keterbatasan anggaran untuk mencakup sebagian kecil lansia dan penyandang disabilitas yang menerima program permakanan.

“Sasaran bantuan permakanan hanya untuk 30 orang lansia dan penyandang disabilitas karena kendala keterbatasan anggaran. Sehingga harapannya agar bantuan permakanan siap saji nantinya akan dapat berkelanjutan dan seluruh lansia dan penyandang disabilitas di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat merasakan bantuan permakanan ini secara menyeluruh,” tutupnya. (dinsos Kobar)