Dinkes Kobar Laksanakan Pembekalan dan Pelepasan Tenaga Enumerator SKI 2023

Sekertaris Dinkes Kobar Arif Susanto selaku PJO SKI 2023 Kobar menyampaikan sambutan kepala dinas.

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan Tenaga Enumerator Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 di Aula Dinkes Kobar pada Senin (14/08).

SKI 2023 yang diinisiasi Kementerian Kesehatan ini bertujuan untuk menilai perkembangan status kesehatan masyarakat, faktor risiko, dan perkembangan upaya pembangunan kesehatan termasuk status gizi di tingkat kabupaten/kota. Hasilnya akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun kebijakan dan rencana pembangunan kesehatan terarah dan tepat sasaran.

(Baca Juga : Peringati Hari Bhakti PU ke-75, Dinas PUPR Kobar Tanam Pohon Bungur)

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinkes Kobar Sekertaris Arif Susanto selaku PJO SKI 2023 Kobar menyampaikan dukungannya terselenggaranya SKI 2023 di Kabupaten Kobar.

Peserta pembekalan dan pelepasan Tenaga Enumerator SKI 2023 Kobar

“Kami di Dinas Kesehatan selaku administrasi keuangan akan selalu mendukung dalam terselenggaranya Survei Kesehatan Indonesia 2023 ini di Kabupaten Kotawaringin Barat, agar nantinya dapat menghasilkan data yang valid dan komprehensif. Sehingga data dapat digunakan sebagai dasar kebijakan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” kata Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, disini ada berbagai profesi yang telah disesuaikan dengan komponen-komponen atau variable-variabel yang akan diukur dalam peneliti. Profesi gizi tentu akan menjadi andalan bagi pihaknya untuk memastikan bahwa pengukuran benar-benar valid sesuai dengan prinsip pengukuran menggunakan alat antropometris. Sehingga nantinya dapat menghasilkan data yang tepat dan akurat.

“Karena secara prinsip dalam pengukuran khususnya antropometri jangan sampai kita 'menjadikan' stunting anak yang tidak stunting ataupun sebaliknya,” tandasnya. 

Kegiatan SKI 2023 ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 42 hari di enam kecamatan se-Kabupaten Kobar, yang terbagi menjadi beberapa Blok Sensus (BS). SKI merupakan kelanjutan dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. (snd-dinkeskobar)

(Foto Bersama) - Sekertaris Dinkes Kobar bersama Penangggung Jawab Logistik (PJL) Nuraida Susilawati (sebelah kanan), Penanggung Jawab Teknis (PJT) Alfeus Manuntung (sebelah kiri) dan para tenaga enumerator SKI 2023 Kobar, Senin (14/08).