Dinkes Kobar Gandeng Kader PKK Menjadi Mitra Penggerak Germas

Kegiatan Penggerakan Masyarakat Mendukung Implementasi Germas di aula Kantor Dinkes Kobar pada Kamis (9/12)

MMC Kobar - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan kegiatan Penggerakan Masyarakat Mendukung Implementasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) pada Kamis (9/12). Kegiatan ini dilaksanakan di aula kantor Dinkes Kobar dengan menghadirkan narasumber dari Sekertaris Dinas Kesehatan Kobar Arif Susanto, SKM, M.Si dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr.Jhonferi Sidabalok, MARS.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Peran Kader dalam Wujudkan Keluarga Sehat Bebas Covid-19’. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 50 orang, terdiri dari kader PKK yang ada di Kobar

(Baca Juga : Ikuti Sosialisasi Instrumen dan Pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Publik, Dinas PMPTSP Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik)

Kepala Dinkes Kobar melalui Sekertaris Dinkes menyampaikan bahwa upaya penggerakan masyarakat dengan adanya germas harus memberdayakan komponen-kompenen potensial yang menjadi mitra pemerintah untuk menjadi penggerak germas di lingkungannya. “Untuk itu, maka sangat diperlukan strategi memilih kelompok-kelompok yang potensial,” ujar Arif.

Arif mengungkapkan bahwa pada kesempatan lalu Dinkes telah memilih sasaran kelompok siswi-siswi remaja sebagai penggerak dan mendukung implementasi germas. “Dan pada hari ini sasaran kita adalah tim penggerak PKK di tingkat kelurahan, kecamatan dan kabupaten untuk bisa bersama-sama bersinergi memberikan dorongan terhadap implemnetasi germas di masyarakat melalui gerakan komponen-komponen kader,” kata Arif.

“Kita harapkan mereka mampu menyentuh kepada kelompok sasaran yang lebih efektif, sehingga multiplayer efeknya bisa terjadi dan kita bisa bersinegri dengan mitra-mitra untuk menjadi provider penggerakan Germas,” tandasnya. (dinkeskobar/irawan)