Dinas PMD Kobar Lakukan Pendampingan Pemenang Lomba Gotong Royong Masyarakat Desa Terbaik Tingkat Kabupaten

MMC Kobar – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang kelembagaan Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar pada Rabu (19/2) melaksanakan pendampingan penilaian Lomba Gotong-Royong Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2020 di Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama.

Berdasarkan hasil Rapat Tim Penilai Lomba pelaksana Gotong royong masyarakat Desa terbaik Tingkat Kabupaten KobarTahun 2020 yang dilaksanakan pada Kamis (13/2) di Aula Dinas PMD, pemenang Lomba Pelaksana Gotong –Royong Masyarakat Desa Terbaik tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2020 adalah Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama.

(Baca Juga : Upaya Lengkapi Perlengkapan Jalan, Dishub Kobar Lakukan Survei Kebutuhan Rambu Lalu Lintas)

Dalam rangka Pembinaan Desa pemenang Lomba Pelaksana Gotong-royong masyarakat Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2020, Dinas PMD selaku leading sector telah melaksanakan pembinaan selama 2 hari pada tanggal 17-18 Februari 2020 ke Desa Riam Durian sebagai persiapan awal mengikuti lomba tingkat Provinsi Kalteng.

Desa Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama akan mewakili Kabupaten Kobar dalam penilaian lomba pelaksana gotong-royong masyarakat terbaik Tk Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020.

Pada kegiatan Pendampingan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas PMD ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kab Ktw Barat, Kepala Dinas PMD, Ketua TP-PKK, Tim Penilaia Lomba Pelaksana, Camat Kotawaringin Lama beserta jajaranya, Kepala Desa Riam beserta jajaranya, Ketua BPD beserta anggota, Ketua TP-PKK Desa Riam Durian beserta anggota , Tokoh agama, Pemuda dan Masyarakat desa Riam Durian.

Kepala Dinas PMD, Hardaniyanti mengatakan bahwa jika menghitung waktu yang ada hingga saat ini, praktis di kabupaten hanya punya waktu kurang dari 3 minggu untuk melaksanakan rangkaian kegiatan ini.

“Namun ini semua bukan sebagai penghalang karena pada dasarnya kegiatan gotong royong masyarakat ini telah dilaksanakan dan menjadi suatu tradisi yang dijaga dan dilestarikan termasuk di desa riam durian ini,” sambung Hardaniyanti.

“Sebagaimana hasil yang telah diperoleh dalam lomba yang dilaksanakan secara berjenjang yang saat ini sudah pada penjadwalan pelaksanaan tingkat provinsi. Meskipun dengan persiapan yang sangat pendek, semoga hasil yang akan Kita capai nanti akan maksimal yaitu dapat mempertahankan gelar Juara I tingkat prvonsi kalimantan tengah pada tahun 2020 ini,” ujar Hardaniyanti menambahkan.

Lebih lanjut Hardaniyanti menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Camat Kotawaringin Lama beserta jajaran yang telah memberikan pendampingan, pembinaan dan evaluasi kepada pemerintah desa dalam mengikuti lomba ini.

“Apresiasi dan penghargaan yang tinggi pula kepada kepala desa beserta seluruh perangkat, BPD, karang taruna, PKK, posyandu, Linmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus koperasi, bumdes, pasar desa dan seluruh masyarakat desa riam durian dalam menyambut kegiatan lomba ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini pula, Hardaniyanti menyampaikan kepada Tim Penilai Tingkat Provinsi bahwa kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat Kabupaten Kobar Tahun 2020, yang terjadwal akan dilaksanakan pada hari Rabu (15/4) dan akan dilaksanakan di Desa Riam Durian.

Hardaniyanti berharap setelah ini akan terjalin komunikasi yang intens kabupaten dan provinsi untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, mengingat acara akan dihadiri oleh Gubernur Kalteng, sehingga perlu persiapan yang lebih dini agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (dpmd kobar)