Dinas PMD Gelar Rapat Pembahasan Ranperbup Dana Bantuan Keuangan

MMC Kobar - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Bidang Kelembagaan Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar melaksanakan kegiatan Rapat Pembahasan Rancangan Perbup Tentang DBK Kepada Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Kategori Daerah, Regional serta Lomba Gotong royong Masyarakat.

Acara ini dilaksanakan di Aula Dinas PMD pada Senin (13/1) dan dipimpin oleh Kepala dinas PMD, Hardaniyanti. Peserta yang hadir diantaranya Kabag Hukum Setda, Kabag Tata Pemerintahan dan Otda Setda, Inspektur dan BPKAD Kobar.

(Baca Juga : Jelang Idul Adha, Takmir Masjid Diberikan Pelatihan Pemotongan Hewan Kurban)

Kepala Dinas PMD melalui Kasi Evaluasi Perkembangan Desa, Wahman menyampaikan selama ini bahwa penghargaan terhadap juara Lomba Desa dan Kelurahan kurang dirasakan hasilnya sehingga tidak menarik minat desa dan kelurahan untuk mengikuti lomba baik Kategori Daerah/Lokal maupun Kategori Regional Nasional Wilayah.

“Diharapkan dengan hadiah yang cukup memadai dapat menumbuhkan /memotivasi semangat desa dan kelurahan untuk mengikuti lomba yang sekaligus meningkatkan pembangunan desa dan kelurahannya secara kompetetif,” ujar Wahman.

Dasar dari penyusunan perbup ini salah satunya adalah Surat Keputusan Gubernur Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pedoman Penggunaan Dana Bantuan Keuangan Kepada Desa dan Kelurahan Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Kalimantan Tengah.

Dalam ketentuan Bab II pasal 2 ayat 2, alokasi DBK digunakan untuk membantu mendukung percepatan pembangunan Desa dan kelurahan melalui penyediaan dan pengembangan bidang infrastruktur, peningkatan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi kewenangan desa dan kelurahan.

Dari hasil pembahasan rancangan perbup ini disampaikan bahwa DBK untuk desa berupa penyaluran anggaran sedangkan Kelurahan berupa pelaksanaan kegiatan dan pelaporannya dilaksanakan secara berjenjang dan pembinaan Penggunaan DBK dilaksanakan oleh camat, Dinas PMD dan BPKAD. Besar harapan DBK menjadikan motivasi bagi Desa dan Kelurahan mengikuti lomba berbagai Kategori, maupun lomba Gotong royong Masyarakat. (dpmd kobar)