Dinas P3AP2KB Kobar Adakan Pelatihan Penyusunan Program dengan PPRG

(Foto Bersama) - Kegiatan Pelatihan Penyusunan Program dan Kegiatan bagi OPD dengan Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) di Aula Bappedalitbang Kobar, Selasa (23/5/2023)

MMC Kobar – Dinas Pembedayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melaksanakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Program dan Kegiatan bagi OPD dengan Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG), Rabu (23/5).

Kegiatan yang digelar di aula Bappedalitbang ini digelar selama 2 hari mulai tanggal 23-24 Mei 2023. 

(Baca Juga : Delegasi Indonesia Rebut Juara Umum Global IT Challenge (GITC) for Youth with Disabilities 2018)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinir penyusunan perencanaan penganggaran yang responsif gender (PPRG) pada beberapa kegiatan prioritas di OPD yang bersumber dari APBD. Pelatihan ini diikuti perwakilan dari 32 OPD lingkup Pemkab Kobar. 

Kegiatan Dibuka oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kobar Agus Basrawaiyanta,dan menghadirkan narasumber dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Helsyanita.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas P3AP2KB Agus Basrawaiyanta menyampaikan, penyusunan PPRG bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sebuah kerangka kerja atau alat analisis untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan

“Kegiatan ini diharapkan mampu mensinergikan dan mengkoordinasikan program OPD kepada masyarakat dan organisasi pemerhati perempuan dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG),” kata Agus.

Agus menambahkan, komitmen Pemerintah untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender telah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Salah satu upaya untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender adalah melalui pelaksanaan Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan Nasional. (aw/dp3ap2kb-kobar)