Dinas Dikbud Kobar Gelar Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal bagi Guru SD Tahun 2024

Foto bersama Plt. Kadis Dikbud Kobar diwakili Kabid PTKPK Rahmad Trisdjanto dan jajaran dengan peserta kegiatan

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal untuk Peningkatan Kompetensi Pendidikan Dasar Tahun 2024, Selasa (23/7).

Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal bagi Guru SD ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan dan pengembangan Kurikulum Muatan Lokal yang berbasis potensi/ciri khas daerah Kotawaringin Barat.  Disamping itu, Kegiatan ini merupakan pelaksanaan Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 24 Tahun 2024 Tentang Penyelenggaran Kurikulum Muatan Lokal Kabupaten Kotawaringin Barat.

(Baca Juga : Hadiri Pelantikan Pengurus API Kobar, Bupati Hj Nurhidayah Ajak Masyarakat Terus Jaga Toleransi)

Pelatihan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Dikbud yang diwakili Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan dan Pengembangan Kurikulum Rahmad Trisdijanto.

narasumber dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah Analaila Soufia, S.Pd.,M.Pd

Dalam sambutannya Rahmad mengatakan bahwa kurikulum Muatan Lokal dapat dikembangkan di sekolah. Terdapat 13 kearifan lokal yang dapat dikembangkan dan dijadikan kajian dalam pengembangan kurikulum. Muatan Lokal  dikembangkan dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik seperti bahasa dan sastra daerah, kesenian daerah, keterampilan dan kerajinan daerah, lingkungan alam/ekosistem, masakan tradisional, permainan tradisional dan lain-lain.

“Jangan sampai siswa-siswa kita lebih mengenal budaya dari luar daripada budaya dan kearifan lokal kita sendiri,” katanya.

“Disamping itu saya berharap seluruh peserta kegiatan pelatihan dapat menyusun kurikulum muatan lokal yang akan diterapkan pada sekolah masing masing,” tutupnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Andika Pangkalan Bun Jalan Hasanudin Pangkalan Bun dan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 23-25 Juli 2024. Diikuti 45 Guru SD yang ada di wilayah Kotawaringin Barat, pelatihan ini menghadirkan narasumber dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah Analaila Soufia, S.Pd.,M.Pd(vero-dikbud)

Para peserta kegiatan Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal bagi Guru SD Tahun 2024