Diklat Operator ANBK Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2021 Resmi Dibuka

MMC Kobar – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Pembukaan Diklat Operator Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SMP bertempat di Aula SMPN 11 Arut Selatan, Senin (23/8). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari bertempat di ruang laboratorium komputer SMPN 11 Arut Selatan.

Kadis Dikbud Kobar, Rustam Effendi didampingi Sekretaris, Ibramsyah beserta Kepala Bidang Pembinaan SMP Sunarno membuka kegiatan ini secara resmi. Tim Teknis Diklat Operator ANBK Jenjang SMP Tahun Pelajaran 2021 yang diketuai oleh Kabid Pembinaan SMP Dinas Dikbud Kobar, H Sunarno dalam laporannya menyampaikan bahwa Assesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

“Asesmen Nasional ini bertujuan untuk menghasilkan informasi akurat yang dapat memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar murid,” ujar Sunarno.

Lebih lanjut Sunarno menjelaskan bahwa diklat ini diperuntukkan bagi operator sekolah dalam persiapan Simulasi dan Gladi Bersih Asesmen Nasional baik online maupun semi online. Kesiapan sekolah juga perlu dicek dari mulai TIK sampai mandirinya sebuah sekolah.

Sementara itu Kadis Dikbud Kobar Rustam Effendi dalam sambutannya berpesan agar para operator sekolah dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, karena susksesnya Assesmen Nasional ini berpusat pada operator dalam persiapan matang jaringan serta aplikasi di sekolah masing-masing.

“Ada 3 bagian dalam asesmen nasional yang diujikan, meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, Survei Lingkungan Belajar,” imbuh Rustam. (humas dikbud kobar)