Dewan Kesenian Daerah Kobar Resmi Terbentuk

Rapat pembentukan Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kobar di aula Dikbud, Kamis (6/5).

MMC Kobar - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kotawaringin Barat (Kobar)  menggelar rapat pembentukan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kobar pada Kamis (6/5) bertempat di Aula Dinas Dikbud. Hadir dalam kegiatan ini sebanyak 39 orang, yakni penggiat seni dan budaya dari berbagai Kecamatan se-Kobar. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dikbud Koba, Rustam Effendi.

Pembentukan pengurus DKD ini dilakukan secara voting terbuka dengan menetapkan Rangga Lesmana sebagai ketua DKD Kabupaten Kobar terpilih untuk periode 2021-2026. Dengan terbentuknya DKD tersebut maka terbentuk pula koordinator di sejumlah kecamatan dengan tujuan mewadahi pengembangan sanggar seni dan budaya yang ada di tiap desa.

(Baca Juga : DPRD Apresiasi Ranperda P4GN-PN yang Diiniasi oleh Pemkab Kobar )

Kadis Dikbud Kobar berharap melalui DKD, para pelaku seni budaya terus berinovasi, bagaimana agar sumber kearifan lokal ini tumbuh berkembang dan mampu bersinergi dengan pengembangan pariwisata daerah, sebagaimana menjadi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kobar

Sebagai pecinta seni, Kadis Dikbud Kobar juga merasa sedikit sedih dengan berkurangnya kegiatan berkesenian selama masa pandemi Covid-19, untuk mempertahankan hidup dan menggali kebudayaan seni apa saja dan jenis kesenian lain sebagai warisan budaya bangsa.

“Semoga dengan terbentuknya DKD Kabupaten Kobar nantinya bisa lebih memperhatikan seni budaya di Kobar yang beraneka ragam. Karena di Kobar ini akulturasi kebudayaan sangat banyak,” pungkas Rustam. (humas dikbud kobar)