Dampingi Bupati Kobar, Dinas Perindagkop UKM Lakukan Sidak Ke Pasar Indra Sari

Bupati Kobar beserta jajaran sedang melakukan pengecekan ketersediaan beras di gudang Bulog Pangkalan Bun.

MMC Kobar - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) beserta Kepala Bidang Pengelolaan Pasar dan Kepala Bidang Perdagangan melakukan sidak di Pasar Indra Sari mendampingi Bupati Kobar, Kamis (26/3).

Sidak dilakukan untuk memastikan harga barang pokok/kebutuhan primer tetap stabil dan tersedia diseluruh pasar disemua Kecamatan. Bupati Kotawaringin Barat menegaskan ketersediaan bahan pokok berupa beras, gula, daging tercukupi walaupun dengan kondisi wabah Covid-19 dan menjelang Ramadhan serta Idul Fitri.

(Baca Juga : Tingkatkan Nilai SAKIP, Pemkab Kobar Gelar FGD bersama Universitas Brawijaya)

Kepala Bidang Perdagangan Rakhmat Mulyanto mengatakan bahwa harga bahan pokok disejumlah pasar masih relatif stabil, tetapi ada kenaikan pada komoditi cabai merah besar dan gula pasir pada selasa lalu, kenaikan harga tersebut dapat diakses melalui aplikasi Bapokting Kobar.

“Komoditi cabai merah besar yang biasanya sekitar 40 ribu per kilo, kini naik menjadi 50 ribu per kilo. Sementara itu pada komiditi gula pasir yang semula dengan harga 19 ribu per kilo kini naik menjadi 20 ribu per kilo. Lonjakan tersebut menurut masyarakat sangat signifikan,” terang Rakhmat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar melalui Bidang Perdagangan akan terus memantau harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar-pasar induk akibat dari wabah Covid-19 serta menjelang Ramadhan & Idul Fitri tahun ini.

“Kami selaku pihak yang berkewajiban untuk mengawasi harga barang pokok akan terus melakukan pengawasn di setiap pasar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat demi menghindari oknum-oknum yang mengambil keuntungan sehingga dapat merugikan masyarakat luas,” ujar Kepala Dinas Perindagkop UKM Kobar, Muhammad Yadi. (disperindagkop ukm kobar)