Curah Hujan Tinggi, Pj. Bupati Menghimbau Masyarakat Jaga Lingkungan

MMC Kobar – Banjir dan luapan air melanda beberapa wilayah di kecamatan Arut Selatan, kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini memicu keprihatinan penjabat (Pj.) Bupati Dr. Drs. H. Budi Santosa, M.Si. Bahkan Pj. Bupati Budi Santosa sempat melakukan monitoring langsung ke lokasi kejadian bencana seperti di Desa Kumpai  Bawah pada Kamis (11/1). Seperti diketahui, sehari sebelumnya akibat curah hujan tinggi, beberapa wilayah mengalami banjir, seperti ruas jalan Iskandar, jalan Ahmad Wongso, Jalan Tjilik Riwut dan komplek pemukiman warga. 

Menanggapi situasi ini, Budi Santosa mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap potensi banjir yang masih mungkin terjadi. Budi Santosa menegaskan peran pemerintah daerah untuk berperan aktif dalam membantu masyarakat yang terdampak. Beliau telah memberikan instruksi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk selalu siaga dan siap membantu masyarakat apabila terjadi bencana banjir.

(Baca Juga : Pemkab Kobar Salurkan Bansos kepada Warga Terdampak  Banjir di 3 Kecamatan  )

"Kami telah mengintruksikan kepada seluruh perangkat daerah terkait, terutama BPBD dan Damkar, untuk selalu berada di garis terdepan dalam memberikan bantuan dan penanganan apabila masyarakat menghadapi bencana banjir. Kecepatan dan keterlibatan mereka sangat diperlukan dalam situasi darurat seperti ini," ujar Budi Santosa.

Budi Santosa juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan. Budi Santosa menyoroti pentingnya mengontrol instalasi listrik di rumah-rumah mereka. Kerusakan akibat banjir, termasuk pada instalasi listrik, dapat menyebabkan risiko yang serius bagi keselamatan dan harta benda masyarakat.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kotawaringin Barat agar senantiasa waspada, dan bersama-sama menjaga lingkungannya, jika terjadi akibat banjir, segera laporkan kepada perangkat desa atau kelurahan setempat melalui ketua RT nya," pesan Pj. Bupati Budi Santosa.

Pesan ini disampaikan sebagai langkah preventif untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi. Budi Santosa berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan bersama di tengah kondisi cuaca ekstrem ini. (prokom_rib)