Cegah Sampah Plastik, Daging Qurban Dibagikan Dengan Pelepah Pisang

Sekretaris DLH Kobar, Fitriyana, ST menunjukkan pelepah daun pisang sebagai pengganti kantong plastik yang digunakan untuk pembagian hewan kurban kepada pasukan kuning, selasa (13/8). (dlh kobar)

MMC Kobar - Sambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan hewan kurban kepada petugas Pasukan Kuning yang berjumlah 380 orang. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Translik, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Selasa (13/8).

Kepala DLH Kobar melalui Sekretarisnya, Fitriyana, ST usai melaksanakan pemberian daging kurban secara simbolis kepada Pasukan Kuning menyampaikan pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik melainkan dibungkus menggunakan pelepah pisang yang sudah dimodifikasi..

(Baca Juga : Presiden RI Pastikan KTT ASEAN Siap Digelar)

Hal tersebut dalam rangka menjaga keamanan daging hewan kurban, mengingat kantong plastik terutama yang berwarna hitam merupakan hasil daur ulang limbah plastik yang tidak diketahui asal-usulnya. Kantong plastik tersebut dimungkinkan merupakan daur ulang plastik bekas bahan kimia, pestisida, atau zat – zat berbahaya lainnya yang dapat menggangu kesehatan.

Selain itu, penggunaan pelepah pisang untuk bungkus daging kurban sebagai bentuk upaya mengurangi timbulnya sampah kantong plastik karena plastik merupakan komponen yang tidak mudah terurai secara alami di lingkungan. Penggunaan pelepah pisang adalah opsi sangat baik, karena setelah buah pisang diambil maka batang pisang hanya akan ditebang dan pelepah pisang mudah terurai di lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik kresek. 

DLH Kobar sebagai leading sector dalam hal pengelolaan persampahan berupaya untuk terus mensosialisasikan atau membudayakan perilaku “Bijak Plastik” guna mendukung “Indonesia Bebas Sampah”.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kobar, Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si menyampaikan bahwa daging hewan kurban yang dibagikan terdiri dari 2 ekor sapi yang berasal dari Pemkab Kobar dan PT. Citra Borneo Indah.

“Dinas Lingkungan Hidup dalam ini memfasilitasi pemotongan dan pembagian daging hewan kurban. Diharapkan dengan pelaksanaan pembagian daging hewan kurban dapat memupuk kebersamaan, mempererat tali persaudaraan, kerukunan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujar Bambang Djatmiko. (zr11/dlh kobar)