Cegah Corona, PPNI Kobar dan RSSI Lakukan Penyuluhan Pada Pengunjung RS

PPNI Kobar berikan penyuluhan covid-19 di lingkungan RSSI Pangkalan Bun, Selasa (17/3).

MMC Kobar - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Bakti Sosial di lingkungan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Selasa (17/03).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PPNI ke-46 yang jatuh pada 17 Maret 2020 dengan mengusung tema Perawat Hebat – Rakyat Sehat.

(Baca Juga : Manfaatkan Teknologi Agar Perajin Siap Hadapi Era Industri 4.0)

Bakti Sosial ini ditujukan bagi masyarakat Kobar khususnya penunggu pasien dan pengunjung RSSI dengan memberikan penyuluhan Covid-19, penyuluhan cuci tangan, pembagian masker dan screening PTM (Penyakit Tidak Menular)

“Cucilah tangan dengan menggunakan handrub selama 20 sampai 30 detik, jika menggunakan sabun lakukan selama 40 sampai 60 detik,” ujar Kepala Seksi Rawat Inap, Aimandinata sambil memperagakan 6 langkah cuci tangan menurut WHO.

Dalam kegiatan ini, Direktur RSUD Sultan Imanuddin, dr. Fachruddin menghimbau kepada pengunjung RSSI dalam menghadapi wabah covid-19 agar tidak perlu panik namun tetap harus waspada dengan selalu berperilaku hidup sehat.

Selain itu, Ia juga menyampaikan beberapa peraturan baru yang diberlakukan pihak Rumah Sakit dalam mencegah/memutus mata rantai penyebaran virus corona, dengan menerbitkan Surat Edaran RS Nomor: 1143/445/RSUD.YM tentang pembatasan kunjungan pasien dan penunggu pasien Rumah Sakit. Penunggu pasien juga hanya diperbolehkan maksimal dua orang.

"Ini penting dilakukan untuk meminimalisir penularan, sebab rumah sakit merupakan salah satu tempat yang beresiko sehingga perlu diwaspadai," ujar dr. Fachruddin. (rssi pbun)