Calon Peserta Sipencatar TA 2021/2022 Asal Kobar Ikuti Simulasi SKD Melalui Sistem CAT

MMC Kobar - Bekerja sama dengan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Perhubungan (Dishub) melaksanakan kegiatan simulasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui sistem Computered Assisted Test (CAT) kepada calon peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) Tahun Akademik (TA) 2021/2022.

Kegiatan simulasi SKD melalui sistem CAT tersebut digelar digedung CAT BKPP Kobar dengan wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada hari Selasa (04/05) sampai dengan hari ini, Kamis (06/05).

Dalam sambutannya, Kepala Dishub Kobar, Fitriyana menyampaikan terima kasih kepada pihak BKPP Kobar yang telah memfasilitasi dan memberikan dukungan dalam kegiatan simulasi SKD melalui sistem CAT untuk para calon peserta Sipencatar Kemenhub Ri TA 2021/2022 yang merupakan putra dan putri asal Kobar.

“Semoga melalui kegiatan simulasi SKD dengan sistem CAT ini menjadi media pembelajaran sekaligus bahan evaluasi masing-masing calon peserta. Selain itu kegiatan simulasi ini juga untuk memperkenalkan sistem CAT kepada calon peserta serta menumbuhkan kepercayaan diri agar pada saat tes SKD secara resmi nantinya mereka sudah terbiasa dengan sistem CAT ini,” tambah Fitriyana.

Dalam Seleksi Penerimaan Calon Taruna Kemenhub RI, setelah dinyatakan lulus berkas adminsitrasi kemudian dilanjutkan SKD melalui sistem CAT. Ada tiga materi yang di uji dan di nilai dalam seleksi kompetensi dasar yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kobar, Hendry Purnama mengatakan bahwa antusiasme dan semangat calon peserta Sipencatar Kemenhub RI TA 2021/2021 pada kegiatan simulasi SKD melalui sistem CAT ini cukup baik. Setelah kegiatan simulasi ini diharapkan kepada calon peserta agar tetap belajar supaya memudahkan dalam menjawab soal-soal nantinya.

“Pada hari Selasa (04/05) ada 13 calon peserta Sipencatar Kemenhub RI TA 2021/2022 yang mengikuti simulasi SKD melalui sistem CAT. Dari hasil simulasi tersebut ada 3 orang yang memenuhi passing grade dan pada hari kedua diikuti 15 calon peserta dan yang memenuhi passing grade ada 2 orang. Kemudian pada hari terakhir pelaksanaan simulasi SKD hari Kamis (06/05) dilaporkan ada 15 calon peserta yang mengkuti simulasi dan hasilnya ada 3 orang yang memenuhi passing grade,” ungkap Hendry.

“Dari kegiatan simulasi ini peserta yang memenuhi passing grade orang nya berbeda-beda. Melihat kondisi tersebut, diharapkan kepada seluruh calon peserta apabila nanti telah dinyatakan lolos berkas administrasi dan kemudian akan mengikuti tes SKD secara resmi melalui sistem CAT agar menyisihkan waktu untuk belajar sesuai dengan materi SKD supaya memudahkan menjawab saat mengikuti tes nantinya,” ujar Hendry. (dishub kobar)