Bupati Kobar Resmikan Pojok Kependudukan di Kampung KB Desa Keraya

Bertempat di aula kantor desa, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, S.H.,M.H. meresmikan pojok kependudukan kampung KB Desa Keraya pada Rabu (24/6/2020).

MMC Kobar – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah meresmikan pojok kependudukan di Desa Keraya. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor desa Keraya pada Rabu (24/6) ini juga dihadiri kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng.

Pojok kependudukan ini bertujuan sebagai media yang bisa memfasilitasi masyarakat mendapatkan semua informasi terkait masalah kependudukan. Konsep dari pojok kependudukan ini adalah seperti pojok baca yang di dalamnya disediakan buku-buku yang berkaitan dengan program kependudukan dan informasi lainnya.

(Baca Juga : Pengelola Perpustakaan Desa dan Pengelola Perpustakaan Sekolah Magang di DPK Kobar)

Dengan adanya pojok kependudukan ini, diharapkan masyarakat Desa Keraya yang juga telah ditetapkan sebagai kampung KB, makin mudah mengakses berbagai informasi guna menambah wawasan mengenai kependudukan.

Kabupaten Kobar telah memiliki 19 Kampung KB yang tersebar pada 6 kecamatan. Salah satunya adalah Kampung KB Desa Keraya. Selain itu Kampung KB Desa Keraya saat ini menjadi satu-satunya yang ditetapkan sebagai Kampung KB Percontohan. Sebagai Kampung KB percontohan diharapkan dapat menjadi contoh dari Kampung KB-Kampung KB lainnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam sambutannya Hj Nurhidayah menyampaikan jika Program Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden RI agar Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan Program Bangga Kencana secara utuh dan terintegrasi, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat di tingkat desa dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas,” kata Hj Nurhidayah.

“Oleh karena itu, marilah kita bersama bahu-membahu, bekerjasama dan memberikan dukungan untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Kampung KB,” imbaunya. (prokom kobar)