Bupati Kobar Persentasikan Inovasi Sida Kam pada Sesi Wawancara Finalis Top KIPP 2021

MMC Kobar - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Barat (Disdukcapil Kobar), H. Gusti M. Imansyah, beserta jajarannya turut mendampingi Bupati Kobar Hj Nurhidayah pada kegiatan Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi/Daerah Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah, Rabu (14/07).

Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Disdukcapil Kobar merupakan Nominator Top 15 Inovasi Replikasi, dengan inovasi Sida Kam (Silahkan datang Kami Melayani). Dihadapan Tim Panel Independen, Bupati Hj Nurhidayah memaparkan materi terkait dengan inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Kobar berupa Pelayanan Dokumen Kependudukan (Adminduk).

Inovasi SidaKam merupakan inovasi kerjasama Disdukcapil dengan pemerintahan desa untuk memberikan pelayanan yang mudah dan efisien dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama desa/kelurahan yang berada jauh dan terpencil.

“Warga/masyarakat mengurus dokumen kependudukannya ke kantor desa setempat. Dan nantinya pemerintahan Desa yang akan mengupload semua dokumen kependudukan yang telah diverifikasi dan dicek kelengkapannya oleh petugas desa ke aplikasi google form yang telah kami siapkan,” ujar Gusti Imansyah.

“Dan nantinya akan langsung diproses oleh operator, diverifikasi kasi dan kabid yang membidangi dan akan saya tanda tangani secara elektronik. Kemudian notifikasi sms akan masuk ke handphone pemohon. Nanti bisa dicetak mandiri di kantor pemerintahan desa,” imbuhnya.

Pada sesi tanya jawab dengan panelis independen, Bupati Hj Nurhidayah secara lugas menjawab dan menjelaskan inovasi Sida Kam tersebut, baik latar belakang maupun hal-hal teknis terkait. “Saya berharap Inovasi ini menjadi program inovasi terbaik se-Indonesia dan inovasi ini dapat berjalan berkesinambungan sehingga dapat mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA),” tutup Hj Nurhidayah.

Untuk diketahui, selain Inovasi Sida Kam, inovasi Batako Plastik (Batik) dari Dinas Lingkungan Hidup juga berhasil masuk Finalis Top KIPP 2021. Sedangkan di Provinsi Kalimantan Tengah hanya ada 2 kabupaten yang berhasil masuk Finalis Top KIPP 2021, yakni Kabupaten Kobar dan Kabupaten Gunung Mas. (disdukcapil kobar)