Bupati Hj Nurhidayah Ingin Coto Mengala Segera Dipatenkan

MMC Kobar - Kuliner khas Kotawaringin Barat Coto Menggala telah terpilih sebagai juara II kategori Makanan Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API). Atas prestasi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) terus mendorong kuliner berbahan utama menggala (singkong) ini lebih dikenal masyarakat luas.

Pada Jumat (25/6) pagi, Pemkab Kobar melalui Dinas Pariwisata menginisiasi dilaksanakannya syukuran santap Coto Menggala bersama. Mengingat di tengah situasi pandemi, maka kegiatan ini dilaksanakan secara virtual. Kegiatan yang dipimpin oleh Bupati dari halaman kantor Sekretariat Daerah ini diikuti oleh beberapa tokoh asal Kobar, seluruh SKPD, perbankan dan organisasi kemasyarakatan serta komunitas. 

“Kegiatan ini kita laksanakan bersama sebagai wujud rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung hingga Coto Menggala menjadi makanan terpopuler di API Award,” kata Bupati Hj Nurhidayah.

Hj Nurhidayah juga berharap kegiatan pada hari ini menjadi pemicu untuk mendukung dan meningkatkan geliat UMKM di Kobar, terutama di masa pandemi. “Ini juga sekaligus menjadi bagian program visi misi kami, untuk mengenalkan dan mengemas berbagai potensi yang ada di Kotawaringin Barat,” ujar Hj Nurhidayah. 

Hj Nurhidayah juga menginginkan ke depan agar Coto Menggala dipatenkan menjadi kuliner khas Kobar. Selain itu ke depan akan disusun regulasi agar Coto Menggala ini menjadi hidangan wajib bagi tamu-tamu hotel.

“Hal ini agar Coto Menggala tidak hanya lebih dikenal oleh khalayak lebih luas lagi, namun yang lebih penting bisa berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Kobar,” ungkap Hj Nurhidayah. (prokom kobar)