Buka Rapat Kerja Kesehatan, Pj Bupati Budi Santosa Dorong Peningkatan Mutu Layanan Fasyankes

MMC Kobar - Senin (31/7) Penjabat (Pj) Bupati Budi Santosa membuka Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Kegiatan di Hotel Mercure Pangkalan Bun pada tahun ini mengusung tema "Melalui Transformasi Kesehatan Mewujudkan Eliminasi TB-HIV 2030 di Kabupaten Kotawaringin Barat." 

Dalam sambutannya Budi Santosa menyampaikan bahwa Kabupaten Kobar memiliki tantangan yang cukup besar untuk meningkatkan mutu fasilitas pelayanan kesehatan yang tersebar di wilayah. Salah satu upaya yang diungkapkan untuk menjawab tantangan tersebut adalah penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) dan akreditasi fasilitas kesehatan (Fasyankes).

(Baca Juga : Pelantikan Pengurus DPD AGPAII Masa Bhakti 2019-2024)

“Penerapan PPK-BLUD pada fasilitas kesehatan diharapkan dapat memberikan layanan secara efektif, efisien, ekonomis, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat sejalan dengan praktik bisnis yang sehat, sesuai dengan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018,” kata Budi Santosa. 

Budi juga menilai penyelenggaraan akreditasi puskesmas akan mampu meningkatkan mutu fasilitas pelayanan kesehatan secara menyeluruh melalui proses penilaian akreditasi oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi. 

“Di sisi lain, status akreditasi juga menjawab pemenuhan persyaratan kerja sama dengan BPJS Kesehatan sehingga perlu mendapat perhatian khusus," ujarnya.

Budi juga menekankan pentingnya upaya lain dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan, yaitu peningkatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari daya masyarakat itu sendiri. 

“Langkah ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan,” imbuhnya. 

Diharapkan, melalui kegiatan rapat kerja ini, strategi dan langkah konkret dapat dihasilkan untuk mengatasi tantangan dalam meningkatkan mutu fasilitas pelayanan kesehatan di kabupaten Kobar.  (rib/prokom setda)