BPBD Kobar Gelar Rakor Pasca Banjir Wilayah Perkotaan

Rakor dalam rangka Penyusunan Rencana Rehabilitasi Pasca Banjir Genangan Di Wilayah Kecamatan Arsel yang digelar BPBD Kobar, selasa (9/04/2019). (bpbd kobar)

BPBD Kobar Gelar Rakor Pasca Banjir Wilayah Perkotaan

MMC Kobar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) antar kelurahan dan instansi dalam rangka Penyusunan Rencana Rehabilitasi Pasca Banjir Genangan Di Wilayah Kecamatan Arsel yang meliputi 4 Kelurahan, yakni Kelurahan Sidorejo, Madurejo, Mendawai dan Baru, Selasa (9/04/2019). Rapat Dihadiri oleh 32 undangan termasuk di dalamnya ketua RT terdampak banjir genangan se Kecamatan Arut Selatan.

(Baca Juga : Berikan Pelayanan Maksimal, Tugas Damkar Kobar Bertambah)

Rakor dibuka langsung Kepala Pelaksana BPBD Kobar, Ir. Petrus Rinda, MT. Dalam sambutannya Petrus Rinda menyampaikan bahwa tujuan digelarnya rakor ini adalah sebagai koordinasi lintas instansi dan pelibatan warga masyarakat dalam perencanaan awal perbaikan dan tindak lanjut pemulihan pasca bencana.

“Dengan adanya rapat ini diharapkan semua pihak mampu berperan aktif sesuai fungsi dan tugasnya,” ujar Petrus Rinda menambahkan.

Dalam rakor ini juga akhirnya disimpulkan bahwa sumber dari segala sumber permasalahan pada banjir genangan adalah saluran drainase. Sehingga diperlukan perbaikan, pembenahan dan pemeliharaan saluran drainase tersebut.

Rapat menghasilkan 5 butir kesepakatan, yakni merencanakan bersama perbaikan dan tindak lanjut pemulihan pascabencana, berkoordinasi dalam melaksanakan perbaikan dan penanganan pasca banjir, meningkatkan komunikasi dan pelaporan pascabencana, menyusun rencana rehabilitasi dan rekonstruksi serta mengaktifkan kembali kegiatan jumat bersih di kelurahan kelurahan. (didie/bpbd kobar)