BKPP Kobar Laksanakan Ujian Dinas Berbasis CAT

Kepala BKPP saat memberi pengarahan sebelum pelaksanaan ujian dinas yang dilaksanakan pada Rabu (23/9).

MMC Kobar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) melaksanakan Ujian Tingkat I dan Tingkat II pada Rabu (23/9) bertempat di Ruang CAT BKPP Kobar. Dalam pengarahannya, Kepala BKPP, Aida Lailawati mengatakan, ujian dinas ini diikuti 175 PNS, dengan rincian 171 PNS di lingkup Pemkab Kotawaringin Barat ditambah 4 orang PNS titipan dari Pemprov Kalteng.

“Yaitu berasal dari Dinas Kehutanan 1 orang, Dinas Perhubungan 1 orang dan SMAN 2 Pangkalan Lada 2 orang,” ujar Aida merincikan.

(Baca Juga : Libatkan Anak Bangsa Terbaik dalam Pembukaan Asian Games 2018)

Ujian dinas menggunakan sistem CAT dengan bank soal berasal dari BKD Provinsi Kalteng sehingga tidak ada peluang untuk berbuat kecurangan. Aida mengingatkan kepada peserta agar tidak percaya kepada siapapun yang menjanjikan kelulusan termasuk dari panitia sekalipun.

“Apapun hasilnya nanti itu murni dari kemampuan bapak ibu sekalian,” ujarnya mewanti-wanti.

Meskipun demikian, lanjut Aida, panitia sangat memahami bahwa sebagian peserta tidak terlalu fasih menggunakan dan menjawab soal-soal berbasis CAT. Untuk itu, pihaknya menyiapkan petugas untuk membimbing peserta mengoperasikan peralatan CAT.

“Silahkan angkat tangan jika bapak ibu merasa kesulitan. Tapi ingat, bantuan hanya sebatas mengoperasikan CAT bukan untuk menjawab soal,” kata Aida lagi menegaskan.

Terakhir Aida kembali mengingatkan kepada peserta bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan mutlak dilaksanakan dalam ujian dinas ini. Kepada semua peserta dan panitia wajib menggunakan masker, memakai face shield dan menggunakan hand sanitizer.

“Mari kita sama – sama menjaga diri kita dan menjadi pelopor dalam menerapkan protokol kesehatan,” ucap Aida mengakhiri arahannya. (bkpp kobar)