Bersama TP-PKK, Pemerintah Kecamatan Arsel Gotong Royong Penanaman Toga

Sekretaris Camat, Ketua TP-PKK Kecamatan Arsel bersama-sama dengan ASN dan Kader PKK melakukan gotong royong menanam toga di halaman kantor Kecamatan Arsel pada hari Jumat (24/07).

MMC Kobar - Pada Jumat (24/07), Pemerintah Kecamatan Arut Selatan (Arsel) bersama dengan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan Arsel mengadakan gotong royong penanamam tanaman obat keluarga (toga) di halaman belakang kantor.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Pertanian RI nomor 95/KN.220/M/6/2020 tanggal 5 Juni 2020 perihal Himbauan untuk Mengkonsumsi Pangan Lokal, melalui Surat Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 500/391/DKP/2020 tanggal 23 Juni 2020 tentang Pemanfaatan Lahan Pekarangan/Lingkungan Kerja dan Konsumsi Pangan Lokal.

(Baca Juga : Bupati Kobar Jadi Saksi Pernikahan Masal 71 Pasangan Di Desa Tempayung)

Kegiatan penananam toga ini juga sesuai dengan salah satu program kerja kelompok kerja (Pokja) III PKK yaitu mengutamakan ketahanan pangan keluarga dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK). Kegiatan gotong royong merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Kegiatan gotong royong bersama ini diikuti oleh ASN dan kader TP-PKK Kecamatan Arsel yang secara bersama-sama menanam berbagai tanaman obat, seperti jahe, kunyit, seray, lengkuas, kencur dan berbagai macam tanaman rimpang lainnya. Tidak lupa juga menanam cabe, tomat dan singkong untuk konsumsi pangan lokal yang bisa mecukupi kebutuhan.

Selain menanam toga, untuk keindahan taman dilakukan kegiatan menghias taman dengan memanfaatkan barang bekas seperti ban dan botol minum untuk media tanam. Ketua TP-PKK Kecamatan Arsel, Sri Wahyuni Ramlan menyampaikan bahwa penanaman toga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal untuk imunitas di masa pandemi.

“Kami hari ini menanam tumbuhan rimpang seperti jahe, kunyit, seray dan lainnya untuk dikonsumsi sebagai tanaman obat herbal yang bermanfaat bagi tubuh agar imunitas stabil dimasa pandemi Covid-19 ini. Dan kami juga memanfaatkan ban bekas yang sudah tidak terpakai untuk pot tanaman bunga  sehingga tanaman kami tidak hanya sekedar menanam tetapi juga indah dipandang,” ujar Sri Wahyuni Ramlan.

Camat Arsel melalui Sekretaris Camat Rangga Lesmana yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan penanaman toga sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan konsumsi pangan lokal. Disamping itu, melalui gotong royong bersama dapat mempererat silaturahmi diantara ASN sehingga semangat kerja akan meningkat.

“Kami selalu siap support program pemerintah khususnya memanfaatkan lahan pekarangan di lingkungan kerja untuk pemenuhan pangan dan konsumsi pangan lokal. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kebersamaan dan mempererat silaturahmi diantara ASN agar lebih semagat dalam bekerja,“ kata Rangga Lesmana. (kec-arsel)