Bersama TNI/Polri, BPBD Kobar Perketat Prokes Haul Akbar Kyai Gede

Personil TRC BPBD Kobar bersiap membagikan masker untuk jamaah Haul Akbar Kyai Gede

MMC Kobar - Acara besar yang dihadiri banyak orang sudah tentu menjadi tempat dengan kemungkinan penyebaran pandemi yang tinggi. Maka dari itu, upaya terbaik yang bisa dilakukan yakni dengan selalu memberikan imbauan untuk menjaga protokol kesehatan (prokes) agar penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir.

Sebagai bentuk penanggulangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama TNI Polri dan dinas terkait melaksanakan pengawasan serta pembagian masker bagi para tamu serta pengunjung yang mengikuti acara Haul Akbar Kyai Gede ke-14 pada Sabtu (19/2) di Komplek makam Kyai Gede Kelurahan Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kotawaringin Lama.

(Baca Juga : Ruang VIP Paviliun Beringin Lantai 5 RSSI Pangkalan Bun Mulai Beroperasi)

Dengan beberapa personel Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni, pembagian masker juga dibarengi dengan sosialisasi dan pengawasan prokes pada para jemaah.

“Dari koordinasi dengan Dinas Kesehatan, telah menyiapkan kurang lebih 10.000 lembar masker. Personil TRC BPBD membagikan sekitar 400 lembar dari panitia, personil TNI dan Polri juga bahu membahu membagikan maske kepada jamaah yang datang,” terang Koordinator regu II TRC yang juga petugas Analis Kebencanaan BPBD Kobar Andan Santana.

Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni turut mengawasi prokes para jamaah yang hadir.

Dari pengawasan di lapangan, Syahruni menilai sebagian besar para jamaah yang hadir sudah memahami pentingnya prokes. “Sebagian besar sudah menggunakan masker dan taat prokes. Contohnya ada yang mendapatkan masker dari kami dipakai sebagai pelapis masker mereka ataupun mengganti masker yang sudah kotor,” ungkap Syahruni sembari memantau prokes pada acara tersebut.

Kyai Gede merupakan salah satu Ulama termasyhur di Kabupaten Kotawaringin Barat. Acara di hadiri oleh Bupati beserta Wakil Bupati dan Forkopimda, alim ulama, habaib,tokoh masyarakat serta tidak terlepas masyarakat dari dalam maupun luar Kabupaten Kobar. Dalam Haul Akbar ke-14 panitia menghadirkan penceramah Habib Ahmad Al Habsyi dari Jakarta.

Pelaksanaan berjalan dengan lancar dengan pengawasan dari tim sampai para jemaah meninggalkan lokasi acara kembali ke daerah masing-masing. (bpbd kobar)