Bea Cukai Pangkalan Bun Lakukan Aksi “Bea Cukai Go Green” di area CFD

Kepala Bea Cukai Cabang Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Bea Cukai Go Green di area CFD Taman Kota Manis, Minggu (20/10). Foto: dok. karlan08

MMC Kobar - Kantor Bea Cukai Cabang Pangkalan Bun menyelenggarakan kegiatan “Bea Cukai Go Green: Save Our Earth” di area Car Free Day (CFD) pada Minggu (20/10) dengan tajuk “Bea Cukai Go Green, Bijak Berplastik Bumi Kita Semakin Baik".

Kegiatan yang diisi dengan berbagai acara diantaranya pembagian tumbler dan totebag, Zumba party, atraksi yel-yel pelajar dan dimeriahkan dengan konser band RKS Project.

(Baca Juga : DLH Kobar Gelar Senam Bersama pada Puncak Peringatan HPSN 2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang diwakili oleh Sekretaris DLH Kobar, Fitriyana, S.T. Turut hadir pula Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) M. Robiannor, S.P., M.P dan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Syahyani, S.P., M.P.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Bea Cukai Pangkalan Bun, Nurtanti Widyasari. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Bea Cukai yang salah satu fungsi pokoknya adalah Community Protector/Pelindung Masyarakat merasa perlu untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya bagi mereka yang berdomisili di Pangkalan Bun tentang kepedulian terhadap pengelolaan sampah.

“Kami berharap para warga masyarakat untuk bijak dalam menggunakan barang yang berbahan plastik terutama barang-barang sekali pakai”, ujar Nurtanti.

Gerakan aksi ini bekerjasama dengan DLH Kobar dan Mitra DLH Kobar Bank Sampah Induk (BSI) Berkah Jaya Plastindo dengan mengumpulkan 5 botol plastik bekas Air Mineral Dalam Kemasan (AMD) yang dapat ditukar dengan tumbler dan totebag.

“Pada kegiatan ini kami mengumpulkan botol plastik bekas dan kantong plastik yang ditukarkan dengan 100 tumbler dan 1.000 totebag. Dan kami bekerjasama dengan DLH Kobar untuk mengelola sampah plastik tersebut sehingga peredarannya bisa berkurang di wilayah Pangkalan Bun”.

Lanjut Nurtanti, bahwa aksi ini tidak cukup hanya dilakukan oleh satu pihak saja, akan tetapi diimbau peran serta seluruh elemen/warga masyarakat Kobar agar bumi kita semakin baik.

“Peran serta dari seluruh elemen masyarakat sangat penting dalam pengelolaan sampah, sehingga bumi kita semakin baik sesuai jargon kami Bea Cukai Go Green, Bijak Berplastik, Bumi Kita Semakin Baik”, pungkasnya.

Sebagai penutup, diakhir acara Bea Cukai Pangkalan Bun memberikan penghargaan kepada DLH Kobar, Pasukan Kuning, Finalis Miss Earth Indonesia 2019 dan para penggiat lingkungan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama dan sinerginya dalam Bea Cukai Go Green, Gerakan bijak berplastik, untuk bumi kita yang makin baik. (karlan08/dlh.kobar)