BBTP Tanjung Terantang Kembangkan Varietas Benih Lokal Sei Sekonyer

Petugas dan buruh tanam warga Tanjung Terantang saat tanam varietas unggul lokal di BBTP.

MMC Kobar - Memasuki musim tanam oktober maret 2019-2020, Balai Benih Tanaman Pangan (BBTP) Tanjung Terantang mulai melakukan penanaman padi varietas lokal “Sei Sekonyer’ seluas 5 Ha pada Rabu (5/1) lalu.

Kegiatan ini dilakukan oleh petugas Balai Benih bersama buruh tanam warga sekitar yaitu ibu-ibu di Desa Tanjung Terantang. Balai Benih Tanjung Terantang merupakan Balai pengembangan benih tanaman pangan khususnya padi milik Dinas TPHP Kobar yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan terhadap benih padi di wilayah Kabupaten Kobar. 

(Baca Juga : Tahun Ini, DLH Targetkan 3 Adiwiyata Mandiri)

Penanaman varietas ini dilakukan mengingat padi Sei Sekonyer memiliki keunggulan aroma wangi, baik sejak dipertanaman maupun sudah menjadi beras, rasa beras enak pulen dan berbentuk panjang bulir berasnya.

Saat ini kondisi penanaman padi telah ditemukan adanya serangan hama penyakit dikarenakan musim hujan dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Hama penyakit tersebut memang dapat berkembang biak secara drastis, mengingat kelembaban yang tinggi dimusim awal penghujan ini.

Tetapi, Balai Benih Tanjung Terantang sudah melakukan persiapan dengan menggunakan pestisida untuk menghadapi serangan hama penyakit sehingga dapat dikendalikan sebelum menyerang pertanaman padi terlalu luas. Sehingga diharapkan pertanaman padi ini dapat menghasilkan calon benih padi yang unggul dan berkualitas tinggi.

Untuk masalah pemeriksaan pertanaman baik dari awal penanaman maupun nanti setelah dilakukan pemanenan menjadi benih, proses ini semua juga dilakukan pengawasan dan pemeriksaan oleh pengawas benih dari provinsi. Dengan cara diambil sampel benih lalu dikirimkan ke laboratorium BPSBTPH yang ada di Palangka Raya guna mengecek kualitas kemurnian benih yang dihasilkan agar dikemudian hari apabila benih sudah lulus uji lab dan didistribusikan kepetani kualitas benih yang diedarkan sudah memenuhi syarat benih unggul bersertifikasi.

"Kami selalu berusaha menjaga kualitas benih yang dihasilkan mengingat BBTP Tanjung Terantang sebagai produsen benih padi khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, H. Iskandar.

Dengan perlakuan yang optimal serta didukung sarana prasarana baik dalam bentuk alat/mesin, pestisida yang memadai, diharapkan musim tanam ini Balai Benih Tanjung Terantang dapat menghasilkan benih padi unggul lokal yang bagus mengingat kebutuhan benih padi di Kabupaten Kobar untuk varietas lokal “Sei Sekonyer” sangat tinggi.

Seperti musim tanam tahun kemarin yang begitu banyak permintaan benih padi lokal ke balai benih tetapi belum  bisa terpenuhi 100%.

"Belajar dari permintaan tahun kemarin musim ini dilakukan penanaman varietas lokal seluas 5 Ha agar dapat mencukupi kebutuhan kabupaten," lanjut Iskandar.

Dengan pertanaman varietas lokal sei sekonyer diharapkan petani kobar dapat meningkatkan produksi tanaman padinya dan semakin mengembangkan varietas varietas padi unggul lokal lainnya. (n2k/dtphp kobar)