Audiensi Anggota DPD RI, Dishub Kobar Sampaikan Rencana Program dan Kegiatan Strategis

Anggota DPD RI, Hj Yustina Ismiati berfoto bersama Pejabat Struktural Dishub Kobar. Kamis (12/03) - dishub kobar

MMC Kobar - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Hj. Yustina Ismiati melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), pada Kamis (12/03).Hj Yustina Ismiati merupakan anggota DPD RI dari Komite II yang termasuk didalamnya menangani sektor Perhubungan.

Kunjungan kerja Hj Yustina Ismiati disambut langsung oleh Plt Kepala Dishub, Majerum Purni didampingi pejabat struktural serta staf di lingkungan Dishub Kobar. Kegiatan kunjungan tersebut dalam rangka monitoring, evaluasi, serta pemantapan rencana strategis yang masuk dalam program nasional lingkup pemerintah pusat.

(Baca Juga : Pelatihan dan Sertifikasi Keterampilan Bagi Pelaku Jasa Konstruksi di Kobar)

Pada kesempatan kunjungan kerja tersebut, Hj Yustina Ismiati melakukan audiensi dengan Plt Kepala Dinas serta Pejabat Struktural dilingkungan Dishub Kobar. Audiensi tersebut membahas beberapa usulan rencana program kegiatan Dinas Perhubungan untuk mendukung rencana strategis pemerintah pusat.

“Perkembangan dan kesiapan yang sudah kami lakukan terkait rencana strategis ini, kami sudah melakukan koordinasi serta konsultasi dengan Pimpinan Daerah serta Pemerintah Pusat dalam hal ini Pihak Kementerian Perhubungan. Selanjutnya akan disampaikan melalui bidang – bidang terkait rencana kegiatan yang sudah dimasukan ke dalam usulan ke pemerintah pusat,” Ungkap Majerum Purni saat membuka rapat kerja.

Ditambahkan pula oleh Kepala Bidang Prasarana Dishub Kobar, M Rizali terkait rencana strategis mengatakan “Kami sudah melakukan beberapa studi dan master plan pembangunan Dermaga Pariwisata di Kumai Hulu. Namun masih ada beberapa kendala yang perlu disikapi terkait pembanguna Dermaga tersebut”.

Kepala Bidang LLA Dishub Kobar, Burhan menyampaikan “untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara khususnya diruas jalan dalam status jalan nasional, kami merencanakan beberapa program yaitu pemasangan fasilitas pendukung seperti rambu – rambu lalu lintas, serta fasilitas penunjang berupa kamera pemantau”.

Kemudian disampaikan pula usul Rencana Pembangunan Bandara Baru oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kobar, Eddy Kusnandar, bahwa saat ini usulan dalam proses pengajuan rekomendasi usulan perubahan peruntukan dan fungsi kawasan hutan ke Gubernur Kalimantan Tengah dan Kementerian LHK, atas arahan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI agar pemerintah daerah mereview kajian/studi yang sudah dilakukan.

Hj Yustina Ismiati menyambut baik program usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat yang disampaikan melalui Dinas Perhubungan kedalam rencana strategis pemerintah pusat.

“Apalagi sudah ditetapkan Presiden RI bahwa Ibu Kota Negara (IKN) berada di wilayah Kalimantan Timur, tentu kita yang berada di Kalimantan Tengah harus siap menjadi penopang kebutuhan serta keberadaan status IKN tersebut. Selanjutnya kami akan bawa usulan, aspirasi, saran, serta masukan terkait rencana strategis ini kedalam sidang Paripurna DPD RI nanti tanggal 23 Maret 2020,” pungkas Yustina. (dishub kobar)